Pembuatan Reading Garden Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Sdn Cinagara 03
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10217Keywords:
Pengabdian masyarakat, Taman Baca, Perpustakaan, Minat bacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh reading garden terhadap peningkatan minat baca siswa. Selain itu, pembuatan reading garden juga bertujuan untuk membantu dalam pengembangan prasarana yang ada di SDN Cinagara 03, membantu siswa untuk dapat meningkatkan literasi membaca, serta meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 4 tahapan kegiatan yang dilakukan, yaitu tahap pengamatan berupa survey awal pada mitra, tahap persiapan yakni menyiapkan segala penunjang pembuatan reading garden, tahap pelaksanaan berupa pembuatan reading garden yang dilakukan, dan tahap pengawasan & evaluasi yakni menganalisis apakah reading garden berpengaruh terhadap peningkatan minat baca. Dalam hasil analisis yang dilakukan selama seminggu terakhir, ditemukan bahwa baik peserta didik, maupun tenaga pendidik, cukup terbantu dengan adanya reading garden. Peserta didik cenderung lebih senang membaca di waktu luang, baik di jam istirahat maupun jam kosong. Disamping itu, wali murid pun cukup mengapresiasi dari adanya reading garden ini. Selain menambah minat baca peserta didik, reading garden juga menambah nilai estetika salah satu fasilitas yang ada di SDN Cinagara 03. Hanya saja, dari hasil evaluasi yang dilakukan, bahwasanya untuk buku yang ada di reading garden tersebut masih terbatas. Rata-rata buku yang ada disana yaitu buku pelajaran umum, dan hanya sebagian kecil buku yang berisi tentang cerita anak, maupun buku pengetahuan umum lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh reading garden terhadap peningkatan minat baca siswa. Selain itu, pembuatan reading garden juga bertujuan untuk membantu dalam pengembangan prasarana yang ada di SDN Cinagara 03, membantu siswa untuk dapat meningkatkan literasi membaca, serta meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 4 tahapan kegiatan yang dilakukan, yaitu tahap pengamatan berupa survey awal pada mitra, tahap persiapan yakni menyiapkan segala penunjang pembuatan reading garden, tahap pelaksanaan berupa pembuatan reading garden yang dilakukan, dan tahap pengawasan & evaluasi yakni menganalisis apakah reading garden berpengaruh terhadap peningkatan minat baca. Dalam hasil analisis yang dilakukan selama seminggu terakhir, ditemukan bahwa baik peserta didik, maupun tenaga pendidik, cukup terbantu dengan adanya reading garden. Peserta didik cenderung lebih senang membaca di waktu luang, baik di jam istirahat maupun jam kosong. Disamping itu, wali murid pun cukup mengapresiasi dari adanya reading garden ini. Selain menambah minat baca peserta didik, reading garden juga menambah nilai estetika salah satu fasilitas yang ada di SDN Cinagara 03. Hanya saja, dari hasil evaluasi yang dilakukan, bahwasanya untuk buku yang ada di reading garden tersebut masih terbatas. Rata-rata buku yang ada disana yaitu buku pelajaran umum, dan hanya sebagian kecil buku yang berisi tentang cerita anak, maupun buku pengetahuan umum lainnya.
References
Abidin, Yunus, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 264-279.
Darmayanti, R. (2016). Membangun budaya literasi informasi bagi masyarakat kampus. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 10(1), 92- 101.
Gustini, Neng, dkk. (2015). Budaya Literasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Mardliyah, A. A. (2019, February). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian
Masyarakat) UNIM (No. 1, pp. 171- 176).
Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106.
Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut Baca terhadap minat membaca Siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 81-85.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164. (application and practice). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).