Pembuatan Reading Garden Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Sdn Cinagara 03

Main Article Content

Namira Fauziah
Annisa Noviyanti
Dharmawan Muhammad Irfan
Irman Suherman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh reading garden terhadap peningkatan minat baca siswa. Selain itu, pembuatan reading garden juga bertujuan untuk membantu dalam pengembangan prasarana yang ada di SDN Cinagara 03, membantu siswa untuk dapat meningkatkan literasi membaca, serta meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 4 tahapan kegiatan yang dilakukan, yaitu tahap pengamatan berupa survey awal pada mitra, tahap persiapan yakni menyiapkan segala penunjang pembuatan reading garden, tahap pelaksanaan berupa pembuatan reading garden yang dilakukan, dan tahap pengawasan & evaluasi yakni menganalisis apakah reading garden berpengaruh terhadap peningkatan minat baca. Dalam hasil analisis yang dilakukan selama seminggu terakhir, ditemukan bahwa baik peserta didik, maupun tenaga pendidik, cukup terbantu dengan adanya reading garden. Peserta didik cenderung lebih senang membaca di waktu luang, baik di jam istirahat maupun jam kosong. Disamping itu, wali murid pun cukup mengapresiasi dari adanya reading garden ini. Selain menambah minat baca peserta didik, reading garden juga menambah nilai estetika salah satu fasilitas yang ada di SDN Cinagara 03. Hanya saja, dari hasil evaluasi yang dilakukan, bahwasanya untuk buku yang ada di reading garden tersebut masih terbatas. Rata-rata buku yang ada disana yaitu buku pelajaran umum, dan hanya sebagian kecil buku yang berisi tentang cerita anak, maupun buku pengetahuan umum lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh reading garden terhadap peningkatan minat baca siswa. Selain itu, pembuatan reading garden juga bertujuan untuk membantu dalam pengembangan prasarana yang ada di SDN Cinagara 03, membantu siswa untuk dapat meningkatkan literasi membaca, serta meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 4 tahapan kegiatan yang dilakukan, yaitu tahap pengamatan berupa survey awal pada mitra, tahap persiapan yakni menyiapkan segala penunjang pembuatan reading garden, tahap pelaksanaan berupa pembuatan reading garden yang dilakukan, dan tahap pengawasan & evaluasi yakni menganalisis apakah reading garden berpengaruh terhadap peningkatan minat baca. Dalam hasil analisis yang dilakukan selama seminggu terakhir, ditemukan bahwa baik peserta didik, maupun tenaga pendidik, cukup terbantu dengan adanya reading garden. Peserta didik cenderung lebih senang membaca di waktu luang, baik di jam istirahat maupun jam kosong. Disamping itu, wali murid pun cukup mengapresiasi dari adanya reading garden ini. Selain menambah minat baca peserta didik, reading garden juga menambah nilai estetika salah satu fasilitas yang ada di SDN Cinagara 03. Hanya saja, dari hasil evaluasi yang dilakukan, bahwasanya untuk buku yang ada di reading garden tersebut masih terbatas. Rata-rata buku yang ada disana yaitu buku pelajaran umum, dan hanya sebagian kecil buku yang berisi tentang cerita anak, maupun buku pengetahuan umum lainnya.

Article Details

How to Cite
Fauziah, N., Annisa Noviyanti, Dharmawan Muhammad Irfan, & Irman Suherman. (2024). Pembuatan Reading Garden Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Sdn Cinagara 03 . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 81–88. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10217
Section
Articles

References

Abidin, Yunus, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 264-279.

Darmayanti, R. (2016). Membangun budaya literasi informasi bagi masyarakat kampus. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 10(1), 92- 101.

Gustini, Neng, dkk. (2015). Budaya Literasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Mardliyah, A. A. (2019, February). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian

Masyarakat) UNIM (No. 1, pp. 171- 176).

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut Baca terhadap minat membaca Siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 81-85.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164. (application and practice). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.