Penerapan Ekonomi Kreatif dalam Pengolahan dan Pemasaran Ikan Lele Rumahan Menggunakan Metode Digital Marketing
Main Article Content
Abstract
Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di bidang perikanan, khususnya pada perikanan air tawar. Seiring meningkatnya permintaan pasar, masyarakat mulai membudidayakan beberapa ikan jenis tertentu salah satunya ikan lele. Namun peternak seringkali mengalami kesulitan untuk memasarkan ikan lele jika usia dan besar ikan lele melebihi dengan permintaan pasar. Untuk menghindari resiko kerugian maka pengabdian kepada masyarakat kali ini akan mengadakan pelatihan untuk membantu masyarakat dan peternak melalui kegiatan pengolahan ikan lele untuk menciptakan nilai ekonomis tinggi untuk dipasarkan. Pelatihan ini juga akan dilengkapi dengan pelatihan digital marketing untuk memasarkan produk olahan tersebut. Produk olahan dapat diversifikasi menjadi daging fillet, siomay, nugget, bakso, abon, atau kerupuk yang dapat dipasarkan dalam bentuk frozen food. Kemudian untuk pemasaran diutamakan menggunakan digital marketing melalui website atau media online lainnya. Kegiatan ini diikuti oleh peternak ikan lele dan masyarakat sekitar Kelurahan Aia Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu memberikan motivasi peternak untuk menghasilkan produk olahan yang berdaya jual tinggi dan mampu memasarkannya secara digital.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ciptawati, E., Budi, I., Oktiyani, H., & Alvionita, M. (2021). Analisis Perbandingan Proses Pengolahan Ikan Lele terhadap Kadar Nutrisinya. 04(01), 40–46.
Eka Septiarini, Novi Susyani, T. M. (2022). ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA E-COMMERCE. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 302–311.
Inara, C. (2020). Manfaat Asupan Gizi Ikan Laut Untuk Mencegah Penyakit dan Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Masyarakat Pesisir. 1(September), 92–95.
Latianingsih, N., Winarni, D., Martina, N., & Mariam, I. (2021). Strategi Marketing 4 . 0 pada Pasca Panen Ikan Lele di Desa Curug Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. 3(2), 72–76.
Musyaddad, A., Ramadhani, A., & Pratama, M. A. (2019). Produksi Abon Ikan Lele Sebagai Alternatif Usaha untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Pelutan. 04(September), 199–206.
Prawoto, E., Susilawati, H., & Faqih, N. (2018). STRATEGI INOVASI PRODUK OLAHAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL LELE ( UKM PETERNAK LELE DI DESA KALIBEBER , MOJOTENGAH , WONOSOBO ) lele Kecamatan Mojotengah adalah salah satu Kelurahan Sebelah timur berbatasan dengan Desa Bumirejo , K. Jurnal PPKM, 123–127.
Rezeki, S., & Barat, J. (2013). Usaha Pembesaran dan Pemasaran Ikan Lele serta Strategi Pengembanganya. 8(1), 45–56.
Sagita, G. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi. 1(3), 24–31.
Syafei, L. S. (2017). Keanekaragaman Hayati dan Konservasi Ikan Air Tawar. 11(1), 48–62. https://media.neliti.com/media/publications/283138-keanekaragaman-hayati-dan-konservasi-ika-93327e84.pdf
Tuban, K., Raharjo, N. P., & Rofiuddin, M. (2022). Strategi Digital Marketing Dalam Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa. 6(2), 168–175.
Vol, J. M., Produk, I., Keunggulan, D. A. N., Pada, S., Nasi, U., Di, K., Batu, K., & Kota, M. (2018). Jurnal maneksi vol 7, no. 1, juni 2018. 7(1), 66–73.
Widia, E., & Octafia, S. M. (2022a). EKSISTENSI UMKM PEREMPUAN DI MASA KRISIS: KAJIAN TANTANGAN DAN PELUANG DI KOTO TANGAH KOTA. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9(2), 111–126.
Widia, E., & Octafia, S. M. (2022b). Women MSMEs in a Time of Crisis : Assessment of Challenges and Opportunities. 24509–24518.
Widia, E., Putra, D. J., & Indonesia, U. P. (2021). DISEMINASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM PRODUK UMKM. 99–114.
Windihastuty, W., Fatimah, T., & Samsinar. (2019). Perancangan sistim e-commerce untuk memperluas pasar hasil olahan sidat. 2(c), 17–21.