Pelatihan Inovasi Produk Dodol Salacca Zalacca
Main Article Content
Abstract
Permasalahan yang sedang dialami para petani salak yaitu mengenai pemasaran produk salak. Bisa dibilang bahwasannya para petani salak kurang menguasai dunia pemasaran, karena pemikiran para petani salak ketika salak sudah berbuah dan masak maka akan langsung dijual kepada pengepul, tanpa memikirkan keterampilan menjual buah salak di toko online yang ada. Dengan begitu perlu adanya sebuah kegiatan guna menunjang penjualan yang dapat dilakukan para petani salak. Salah satunya yaitu mengadakan kegiatan pelatihan inovasi produk salak yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat sekitar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan inovasi produk salak yang dilaksanakan membuat dodol salacca zalacca diterima dengan baik oleh mitra pengabdian. Pelatihan inovasi produk salak memberikan pemahaman baru kepada para petani salak. Dengan adannya pelatihan inovasi produk membuat para petani salak melatih Kembali keterampilan dalam mengolah suatu produk.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Albarran, Allan B. 1996. Media Economics: Understanding Markets, Industries, and Concepts. Iowa State University
Bunyamin, A., Purnomo, D., & Taofik, S. (2016). Metode replikasi kewirausahaan sosial untuk peningkatan motivasi wirausaha berbasis komoditas lokal di kecamatan Banyuresmi, Agroteknologi, 10(2), 137-143
Herawaty, H. (2008). Penentuan produk simpan pada produk pangan. Litbang Pertanian, 27(4), 124-130
Karim, R. N. S. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Optimalisasi Pengembangan dan Inovasi Bisnis Jamu Migunani Herbal. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 185–190. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6331
Maulani, N. (2022). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Singkong Berupa Pilus. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 269–275. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.6333
Noviadji, B. R. (2014). Desain Kemasan Tradisional dalam konteks kekinian. Fakulas Desain, 1(1), 10-21