Pelatihan Inovasi Produk Dodol Salacca Zalacca

Main Article Content

Mar'atul Fahimah
Umi Kulsum Nur Qomariyah
Arivatu Ni’mati Rahmatika

Abstract

Permasalahan yang sedang dialami para petani salak yaitu mengenai pemasaran produk salak. Bisa dibilang bahwasannya para petani salak kurang menguasai dunia pemasaran, karena pemikiran para petani salak ketika salak sudah berbuah dan masak maka akan langsung dijual kepada pengepul, tanpa memikirkan keterampilan menjual buah salak di toko online yang ada. Dengan begitu perlu adanya sebuah kegiatan guna menunjang penjualan yang dapat dilakukan para petani salak. Salah satunya yaitu mengadakan kegiatan pelatihan inovasi produk salak yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat sekitar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan inovasi produk salak yang dilaksanakan membuat dodol salacca zalacca diterima dengan baik oleh mitra pengabdian. Pelatihan inovasi produk salak memberikan pemahaman baru kepada para petani salak. Dengan adannya pelatihan inovasi produk membuat para petani salak melatih Kembali keterampilan dalam mengolah suatu produk.

Article Details

How to Cite
Fahimah, M., Nur Qomariyah, U. K. ., & Rahmatika, A. N. . (2023). Pelatihan Inovasi Produk Dodol Salacca Zalacca. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.8112
Section
Articles

References

Albarran, Allan B. 1996. Media Economics: Understanding Markets, Industries, and Concepts. Iowa State University

Bunyamin, A., Purnomo, D., & Taofik, S. (2016). Metode replikasi kewirausahaan sosial untuk peningkatan motivasi wirausaha berbasis komoditas lokal di kecamatan Banyuresmi, Agroteknologi, 10(2), 137-143

Herawaty, H. (2008). Penentuan produk simpan pada produk pangan. Litbang Pertanian, 27(4), 124-130

Karim, R. N. S. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Optimalisasi Pengembangan dan Inovasi Bisnis Jamu Migunani Herbal. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 185–190. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6331

Maulani, N. (2022). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Singkong Berupa Pilus. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 269–275. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.6333

Noviadji, B. R. (2014). Desain Kemasan Tradisional dalam konteks kekinian. Fakulas Desain, 1(1), 10-21