Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Potensi dan Eksistensi Desa Penatahan

Main Article Content

Intan Brilian Patricia J. Ana
I Made Chandra Mandira
Putu Sri Arta Jaya Kusuma
Gede Crisna Wijaya
I Gst Ayu Wirati Adriati

Abstract

Keberadaan suatu desa akan dikenali ketika potensi yang dimiliki suatu desa tersebut dapat diketahui informasinya secara luas melalui media sosial sebagai sarana penyediaan informasi, promosi dan berkomunikasi. Media Sosial mampu menyediakan dan menyebarluaskan informasi dengan cepat dan daya jangkau yang pesat. Salah satu media sosial yang dapat digunakan yaitu dengan instagram yang penggunaannya dapat meningkatkan keberadaan suatu Desa. Tujuan dari penggunaan akun instagram Desa Penatahan ini dimana sebagai bentuk dari upaya dalam meningkatkan potensi yang dimiliki oleh Desa Penatahan, baik secara kekayaan alam, destinasi wisata serta keberadaan Desa Penatahan diketahui secara luas dan mudah diakses publik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program kerja ini dimulai dari perencanaan terkait penyampaian informasi dengan Kepala Desa , metode pembuatan akun instagram Desa Penatahan dengan mengunduh aplikasinya dan mengunggah konten, serta metode pengelolaan akun yang diserahkan kepada Sekretaris Desa.  Hasil dari kegiatan program kerja dengan pembuatan akun instagram Desa ini dimana telah terlaksana dengan baik sesuai dengan tahapan kerangka pelaksanaan bahwa program kerja ini dapat diterima dengan tangan terbuka dan baik oleh Kepala Desa selaku perbekel di Kantor Desa Penatahan sebagaimana penggunaan media sosial instagram ini dapat meningkatkan potensi dan eksistensi dari Desa Penatahan.

Article Details

How to Cite
Ana, I. B. P. J., Mandira, I. M. C., Kusuma, P. S. A. J. ., Wijaya, G. C. ., & Adriati, I. G. A. W. . (2023). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Potensi dan Eksistensi Desa Penatahan. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 84–92. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.8002
Section
Articles

References

Anonim. (2022). 5 Filosofi Warna Hijau Menurut Psikologi dan Berbagai Aspek Lainnya. Retrieved from Https://Kumparan.Com/Berita-Hari-Ini/5-Filosofi-Warna-Hijau-Menurut-Psikologi-Dan-Berbagai-Aspek-Lainnya-1zQpDp3GtA1/2 diakses pada 5 Februari 2023.

Damayanti, R. (2018). DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Widyaloka IKIP Widya Darma, 5(3), 261–278.

Faisal, A., & Rohmiyati, Y. (2017). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI PROMOSI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 1–10.

Fauziah, R., Ratnamulyani, & Kusumadinata. (2016). EFEKTIFITAS PROMOSI DESTINASI WISATA REKREASI GUNUNG PANCAR MELALUI POSTINGAN INSTAGRAM MEDIA SOSIAL. Jurnal Komunikatio, 4(1), 27–40.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). TREN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SELAMA PANDEMI DI INDONESIA. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2).

Jacqueline, G. (2019). Self-disclosure individu androgini melalui instagram sebagai media eksistensi diri. Jurnal Studi Komunikasi, 3(2), 272–286. https://doi.org/10.25139/jsk.3i2.1497

Junawan, Hendra & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1). https://databooks.com

Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.418

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–13.

Noprianto, E., & Prakoso, A. A. (2019). THE USE OF HASHTAGS ON THE GADJAH MADA UNIVERSITY LIBRARY’S INSTAGRAM ACCOUNT. EDULIB: Journal of Library and Information Science, 9(1), 54–66. https://doi.org/10.17509/edulib.v9i1.15504

Nugraha, Y. E., & Dami, K. (2021). UPAYA PROMOSI PARIWISATA PANTAI LIMAN DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Akun Instagram @pantailimansemau). JOURNEY, 4(1), 169–194.

Ramadhan, W. K., & Rusmono, D. (2021). PENDAYAGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM UPAYA PROMOSI PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH JAWA BARAT. In Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) (Vol. 6, Issue 2).

Renata, W. G. (2022). Peta dan Luas Wilayah Desa Penatahan. Retrieved from Https://Penatahan.Desa.Id/First?Fbclid=PAAaYk90Tqfbublbs4fwofMr0CbQvZqaXNdmBteDmZ7auMocdbF7w9quo5Tj0 diakses pada 6 februari 2023

Riyadi, S., Susilo, D., Sufa, S. A., & Dwi Putranto, T. (2019). Digital marketing strategies to boost tourism economy: A case study of atlantis land Surabaya. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(5), 468–473. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7553

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta