Peningkatan Keterampilan Masyarakat Desa Sukaharja Melalui Inovasi Produk Jahe Telang

Main Article Content

Elda Nur Pratiwi
Tuti Kurnia

Abstract

Minuman herbal adalah salah satu minuman yang banyak digemari dan sangat berkhasiat untuk tubuh karena berasal dari bahan alami yang bermanfaat untuk tubuh. Maka dari itu, minuman ini menjadi salah satu daya tarik bagi pelaku UMKM untuk dijadikan sebagai usaha mereka dalam meningkatkan perekonomian. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Sukaharja dalam menginovasi sebuah produk, terutama produk yang berasal dari komoditi lokal. Program ini dilakukan menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan inovasi produk. Sosialisasi yang dilakukan yaitu dengan memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya inovasi untuk meningkatkan nilai jual produk, kemudian melakukan kegiatan pelatihan pembuatan inovasi produk jahe telang dan pengemasannya. Hasil dari program ini adalah terciptanya produk inovasi baru di Desa Sukaharja berupa minuman herbal yang memanfaatkan komoditi lokal, yaitu jahe dan bunga telang yang diolah menjadi serbuk minuman. Selain itu, terbentuknya kelompok usaha bersama di Desa Sukaharja sebanyak tiga kelompok dengan anggota 3-4 orang setiap kelompoknya. Adanya kelompok usaha bersama ini sebagai salah satu bentuk pemberdayaan potensi sumber daya manusia di Desa Sukaharja.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, E. N. ., & Kurnia, T. (2023). Peningkatan Keterampilan Masyarakat Desa Sukaharja Melalui Inovasi Produk Jahe Telang. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 236–243. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i3.7694
Section
Articles

References

Abdullah, A., & Rachmawati. (2018). Hubungan soft skills dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Psikovidya , 2 (1), 67-95.

Anto, A. (2021). Mengenal Bunga Telang, Si Biru Dengan Beragam Manfaat. Badan Litbang Pertanian Kementrian Pertanian, 2–6.

Dhurup, M., Mafini, C., & Dumasi, T. (2014). The Impact of Packaging, Price and Brand Awareness On Brand Loyalty: Evidence From The Paint Retailing Industry. Acta Commercii., Vol. 14, No. 1.

Fathia S, dkk. (2011) Aktivitas Antimikroba Ekstrak Jahe (Zingiber officinale Roscoe) Terhadap Beberapa Bakteri Patogen. Bogor: Institut Pertanian Bogor. 2011.

Hafida, N. (2019). Bukan Jahe Biasa, ini 10 Khasiat Jahe Merah yang lebih Nendang Manjurnya.

Leach, J. (2017). 11 Proven Health Benefits of Ginger.

Rustan, Ida Reskia. (2013). Studi Isolasi Dan Identifikasi Bakteri Asam Laktat dari Fermentasi Cabai Rawit (Capsicum Frutences L.). SKRIPSI. Makassar. Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar.

Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suparyo. (2014). Manfaat Rempah Rempah Untuk Kesehatan. http://daunbuah.com/manfaat- rempah-rempah-untuk-kesehatan.

Swari, R.C. (2017). Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, dari Pencernaan hingga Kesuburan. helosehat.com.