Inovasi Produk dan Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal Pada Pengolahan Daun Kelor di Desa Sukaharja

Main Article Content

Siti Latifah

Abstract

Desa Sukaharja adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang memiliki banyak potensi. Namun, belum ada pengembangan terkait olahan berbahan dasar tanaman kelor. Berdasarkan observasi di Masyarakat Desa Sukaharja bahwa terdapat pohon kelor yang tumbuh dan dibiarkan begitu saja oleh masyarakat yang disebabkan karena rendahnya keterampilan dalam mengolah tanaman kelor yang dapat menjadi potensi desa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan ide dan solusi untuk meningkatkan kreativitas masyarakat serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat tentang pemanfaatan sumber daya alam sekitar yang dapat bernilai ekonomi bagi masyarakat. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah berupa pelatihan dan pendampingan kepada pemuda dan masyarakat umum yang akan mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada disekitar wilayah Desa Sukaharja dengan menciptakan sebuah inovasi produk cokelat daun kelor. Pelatihan ini berupa cara pembuatan cokelat daun kelor hingga pengemasan produknya. Adapun pendampingan dilakukan melalui kegiatan pemberian saran terkait dengan strategi pemasaran yang dilakukan.

Article Details

How to Cite
Latifah, S. (2023). Inovasi Produk dan Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal Pada Pengolahan Daun Kelor di Desa Sukaharja. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 104–111. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.7163
Section
Articles

References

Agustina, Rini, dkk. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM Di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Soliditas, Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks, vol.4 No.1.

Farani, Rizki. (2021, Maret 26). Latest News: Pengembangan Potensi Diri Dari Perspektif Islam. Blog Rizki Farani. https://fpscs.uii.ac.id/blog/2021/03/26/pengembangan-potensi-diri-dari-perspektif-islam/

Hindasah, I. J., & Dewi, A. (2021). Pengolahan Inovasi Ubi Jalar Menjadi Produk Kreatif Sebagai Peningkatan Pendapatan Masyarakat Kampung Mekarjaya Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda. Bogor: ALMUJTAMAE.

Moedrajat, L. (2020). Penerapan The Fifth Dicipline pada Pendidikan di Indonesia saat Pandemi Covid-19. Sukma: Jurnal Pendidikan, 89-120.

Muslim, R. (2021, Maret 16). Risalah Muslim: QS. At Tin ayat 4. https://risalahmuslim.id/quran/at-tin/95-4/

Nursyamsiah, S., & Qomaruddin. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Ubi. Bogor: ALMUJTAMAE.

Saputri, Ajeng. (2021). Peningkatan Daya Saing Desa Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Syariah Di Masa Pandemi Covid-19. Laporan Individu Kuliah Kerja Nyata. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru UniversitasDjuanda Bogor.

Senge, P. M. (1990). The Fifth Dicipline: The Art and Practice of the Learning Organization. New York: Doubleday.

Wikipedia. (2022, Agustus Kamis). Tanaman Kelor. Retrieved from WikipediA:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kelor.

Yusri, Muhammad. (2020). Analisis Deskriptif Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) dan Kaitannya Dengan Pengembangan Wilayah Berkelanjutan. Almujtamae, Jurnal pengabdian masyarakat, vol.1 No.3.