Pelatihan Pencatatan Laporan Keuangan UMKM Desa Wates Jaya

Main Article Content

Irda Febriani
Imam Abdul Aziz

Abstract

Pencatatan laporan keuangan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting di UMKM untuk bisa menentukan dan menulis secara rapi mana modal dan mana keuntungan yang telah diraih. Pengelolaan dana yang baik merupakan faktor penunjang yang dapat menyebabkan keberhasilan UMKM. Metode praktis dan manjur dalam pengelolaan dana pada UMKM adalah dengan menerapkan akuntansi dengan baik. Kegiatan ini difokuskan pada upaya peningkatan penjualan secara online, dan inovasi kemasan yang terbaukan dan pengelolaan keuangan secara syariah. Adapun jenis kegiatan ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama dari penelitian ini yaitu masyarakat umum, UMKM, dan keadaan sekitar. Setelah itu dilakukannya sosialisasi dilakukan secara langsung dengan metode Pendidikan Masyarakat (popular education) yakni kegiatan pengabdian yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat. Metode Pendidikan Masyarakat ini diselenggarakan dengan pola explicit instruction atau pengajaran langsung dan tanya jawab dengan melibatkan peran aktif semua elemen yang terlibat dalam pelatihan, serta dibarengi dengan metode simulasi (praktik langsung) terkait materi pencatatan laporan keuangan. Dengan diadakannya sosialisasi ini para masyarakat memiliki nilai positif terkhusus para pelaku UMKM diantaranya dapat mengetahui bagaimana caranya melakukan pencatatan, bisa memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha, dan semakin mengetahui bagaimana melakukan pencatatan laporan keuangan serta manfaat dari pencatatan laporan keuangan tersebut.

Article Details

How to Cite
Febriani, I., & Aziz, I. A. . (2023). Pelatihan Pencatatan Laporan Keuangan UMKM Desa Wates Jaya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 156–172. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.7160
Section
Articles

References

Andarsari, P. R. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan Di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12 (1), 59-64

Andrianto, dkk. (2017). Analisis Perbedaan Persepsi Akademi Akuntansi Terhadap Penerapan Mata Kuliah Akuntansi Syariah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol (3), No. 3.

Astuti, P. S. D. (2010). Perlunya Penerapan Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 10 (2), 152-163.

Benjamin, W. P. (1990). Laporan Keuangan (Ikhtisar Akuntansi) Perusahaan Kecil. Prosiding Seminar Akuntan Nasional. Vol. 9:76-95.

Ediraras, D. T. (2010). Akuntansi dan Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Bisnis. 15 (2), 152- 158.

Farliana. dkk. (2020). Optimalisasi Pemberdayaan Narapidana Lembaga Permasyarakatan Terbuka Melalui Literasi Keuangan. Jurnal Panrita Abdi, 4(1), 11-23.

Hiyanti, dkk. (2019). Peluang dan Tantangan Fintech (Financial Technology) Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(03), 2019, 326-333.

Hutagaol, R. M. N. (2012). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(12), 57-62.

Kuraesin, Kasim. (2017). Pelatihan Akuntansi dan Laporan Keuangan Berbasis Komputer Bagi Umkm dan komunitas Kendal Gede Kreatif. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 01 No. 02, ISSN: 2528-2190. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis.

Kurniati, ddk. (2012). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol 10. No (2).

Layyinaturrobaniyah & Wa Ode Zusnita Muizu. (2017). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro di Desa Purwadadi Barat dan Pasirbungur Kabupaten Subang. Pekbis Jurnal, Vol.9, No.2, Universitas Padjajaran.

Melati, I. S & Sehabuddin, A. (2020). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana Umkm Intip Di Desa Nyatnyono Ungaran Semarang. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 4 (3) 305-313.

Sadeli, L. M. (2008). Dasar-Dasar Akuntansi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sixpria, dkk. (2014). Implementasi Standard Akuntansi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SKA-ETAP) dalam Proses Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Hal 97-96