Sosialisasi Ekonomi Kreatif Di Desa Wates Jaya

Main Article Content

Alya Az Zahra

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan ide/gagasan yang diharapkan memberi nilai tambah ekonomi. Ekonomi kreatif juga merupakan alternatif solusi permasalahan perekonomian. Generasi muda memiliki peluang besar dalam memajukan dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Ekonomi kreatif itu perlu disosialisasikan kepada masyarakat supaya masyarakat daerah khususnya di Desa Wates Jaya memiliki kemauan yang tinggi untuk berekonomi kreatif. Sosialisasi adalah suatu proses yang membantu masyarakat untuk belajar dan menyesuaikan diri terhadap cara hidup dan bagaimana cara berpikir, agar mendapatkan sebuah pengetahuan tentang tata cara bersosialisasi yang benar di lingkungan masyarakat. Tujuan sosialisasi ini yaitu untuk mengembangkan pemahaman dan pengembangan kemampuan dibidang ekonomi kreatif. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan dengan 3 (tiga) tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setelah diadakan sosialisasi “Peran Generasi Muda Pada Bidang Ekonomi Kreatif” mitra pemuda-pemudi karang taruna “BARCHILE” (Barudak Ciletuh Hilir) mampu meningkatkan pemahaman dan pengembangan kemampuan di bidang ekonomi kreatif terhadap karang taruna ditengah masyarakat dan mampu meningkatkan pemahaman dan pengembangan kemampuan mengenai peran generasi muda pada bidang ekonomi kreatif.

Article Details

How to Cite
Az Zahra, A. (2023). Sosialisasi Ekonomi Kreatif Di Desa Wates Jaya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.7158
Section
Articles

References

Ginting, Ari Mulianta, et al. (2018). Strategi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ma’ruf, F. F., & Alhifni, A. (2022). Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Perbedaan Ekonomi Syariah dan Ekonomi Konvensional Di Desa Padamulya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2951

Marlinah, Lili. (2017) "Meningkatkan ketahanan ekonomi nasional melalui pengembangan ekonomi kreatif." Cakrawala-Jurnal Humaniora 17(2), 258-265.

Noviyanti, R. (2017). Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 1(1), 77–99. https://doi.org/10.35897/intaj.v1i1.52