Sosialisasi Ekonomi Kreatif Di Desa Wates Jaya
Main Article Content
Abstract
Ekonomi kreatif merupakan ide/gagasan yang diharapkan memberi nilai tambah ekonomi. Ekonomi kreatif juga merupakan alternatif solusi permasalahan perekonomian. Generasi muda memiliki peluang besar dalam memajukan dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Ekonomi kreatif itu perlu disosialisasikan kepada masyarakat supaya masyarakat daerah khususnya di Desa Wates Jaya memiliki kemauan yang tinggi untuk berekonomi kreatif. Sosialisasi adalah suatu proses yang membantu masyarakat untuk belajar dan menyesuaikan diri terhadap cara hidup dan bagaimana cara berpikir, agar mendapatkan sebuah pengetahuan tentang tata cara bersosialisasi yang benar di lingkungan masyarakat. Tujuan sosialisasi ini yaitu untuk mengembangkan pemahaman dan pengembangan kemampuan dibidang ekonomi kreatif. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan dengan 3 (tiga) tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setelah diadakan sosialisasi “Peran Generasi Muda Pada Bidang Ekonomi Kreatif” mitra pemuda-pemudi karang taruna “BARCHILE” (Barudak Ciletuh Hilir) mampu meningkatkan pemahaman dan pengembangan kemampuan di bidang ekonomi kreatif terhadap karang taruna ditengah masyarakat dan mampu meningkatkan pemahaman dan pengembangan kemampuan mengenai peran generasi muda pada bidang ekonomi kreatif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ginting, Ari Mulianta, et al. (2018). Strategi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Ma’ruf, F. F., & Alhifni, A. (2022). Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Perbedaan Ekonomi Syariah dan Ekonomi Konvensional Di Desa Padamulya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2951
Marlinah, Lili. (2017) "Meningkatkan ketahanan ekonomi nasional melalui pengembangan ekonomi kreatif." Cakrawala-Jurnal Humaniora 17(2), 258-265.
Noviyanti, R. (2017). Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 1(1), 77–99. https://doi.org/10.35897/intaj.v1i1.52