Pendampingan Manajemen Laporan Keuangan UMKM Unggulan Desa Wates Jaya

Main Article Content

Siti Umi Kulsum

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk meningkatkan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), juga dengan keadaan masyarakat sekitar yang masih mengalami kesulitan dalam hal pencatatan laporan keuangan untuk mengelola usaha yang mereka miliki. Pengabdian ini difokuskan pada upaya pendampingan manajemen laporan keuangan UMKM Desa Wates Jaya. Sumber data utama dari program ini yaitu masyarakat, pengurus, dan keadaan sekitar. Setelah itu dilakukannya sosialisasi secara langsung dengan metode Pendidikan Masyarakat (popular education) yakni kegiatan pengabdian yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat. Metode Pendidikan Masyarakat ini diselenggarakan dengan pola explicit instruction atau pengajaran langsung dan tanya jawab dengan melibatkan peran aktif semua elemen yang terlibat dalam pelatihan, serta dibarengi dengan metode simulasi (praktik langsung) terkait materi manajemen laporan keuangan dengan baik. Dengan diadakannya sosialisasi dan pendampingan ini para masyarakat terkhusus para pelaku UMKM mampu menguasai manajemen laporan keuangan dan mempunyai pencatatan keuangan usaha. Hasil dari beberapa program yang telah dilaksanakan pada bidang ekonomi, khususnya penguatan ekonomi masyarakat melalui pendampingan UMKM unggulan yaitu manajemen laporan keuangan dan catatan laporan keuangan usaha UMKM. Kegiatan program pendampingan ini dapat menjadi solusi peningkatan kemampuan para pelaku UMKM dalam manajemen laporan keuangan dan penggunaan aplikasi buku kas.

Article Details

How to Cite
Kulsum, S. U. (2023). Pendampingan Manajemen Laporan Keuangan UMKM Unggulan Desa Wates Jaya . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 182–188. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.7153
Section
Articles

References

Kurnia, T., et al. (2021). MODEL PERENCANAAN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS NELAYAN PALABUHANRATU PADA PERBANKAN SYARIAH: FINANCIAL PLANNING MODEL IN IMPROVING THE ACCESSIBILITY OF PALABUHANRATU FISHERS IN SHARIA BANKING. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 7(2), 117-126.

Mariana, N. , Utomo, A. P., Purwatiningtyas., & Andraini, F. 2020. Pendampingan Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku UMKM Kota Semarang. IKRAITH- ABDIMAS, Vol. 3 No. 3.

Nugroho, L., Hidayah, N., Ali, A., & Badawi, A. (2020). E-Commerce to Improve Homemaker Productivity (Women Entrepreneur Empowerment at Meruya Utara, Kembangan District,West Jakarta, Indonesia). Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.166

Paramita, M., Munawar, W., & Brawijaya, A. (2019). MODEL KEBUTUHAN USAHA MIKRO DAN KECIL TERHADAP PEMBIAYAAN SYARIAH (STUDI PADA USAHA MIKRO DAN KECIL DI BOGOR). Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 182-195.

Rohaenah, Siti Hajar. 2021. Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Pemberdayaan Ekonomi Melalui Optimalisasi Pengembangan Dan Inovasi Bisnis Kopi Bumdes Jaya Laksana Di Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor.

Sovia, S. 2019. Laporan Individu Kuliah Kerja Nyata (KKN) Peningkata Ekonomi Masyarakat Desa Padamulya Kecamatan Pasir Kuda Kabupaten Cianjur Melalui Inovasi Produk Olahan Singkong. Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Islam, Universitas Djuanda Bogor.

Tanan, C. I. 2020. Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, Vol. 1, No. 2.

Zakiyyah, A. M. 2021. Pelatihan Pendampingan Pencatatan Keuangan di UMKM Rindu.Id di Kabupaten Jember. Journal of Community Development, Vol. 1, No. 2.