Pendampingan Pemasaran UMKM Unggulan Desa Wates Jaya Melalui Media Sosial Dan Marketplace

Authors

  • Ari Nursalam Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda
  • Anas Alhifni Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.7150

Keywords:

Kemitraan, Marketplace, Pendampingan, UMKM

Abstract

Masalah yang terjadi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa Wates Jaya adalah mengenai pemasaran dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pemasaran dan pengembangan bisnis berbasis online seperti pada UMKM dery flowers dan keripik anur. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan pemasaran untuk pelaku UMKM dery flowers dan keripik An-Nur melalui pendampingan, pelatihan pemasaran, dan inovasi pada produk. Diharapkan program pendampingan pemasaran UMKM ini diharapkan bisa menjadi solusi ditengah situasi dan kondisi terkini bagi para pelaku UMKM setempat dimana penulis melakukan pengabdian. Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu wawancara dan diskusi terhadap pemilik UMKM tentang kondisi saat ini. Serta melakukan pelatihan dan pendampingan pemasaran berbasis online sehingga pendapatan pelaku UMKM dapat meningkat melalui peningkatan pemasaran dan juga meningkatkan dalam pengetahuan dan keterampilan. Hasil yang didapat oleh pelaku UMKM dery flowers dan keripik anur dari program ini yaitu sudah mempunyai akun media sosial, inovasi produk, pelatihan pembuatan editing pada pelaku UMKM, kemitraan pemasaran, dan pembuatan izin usaha melalui pembuatan NIB dan diharapkan mampu meningkatkan penjualan untuk meningkatkan pendapatan usaha.

References

Deni Apriadia, A. Y. S, 2017, E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian, JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136, https://doi.org/10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002.

Hardhiyanti, R. (2022). Pendampingan Kemitraan Pada UMK Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Produk Madu. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 139–142. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.5420

Hidayati, U., Aw, S., Wisataone, V., Fathinah, N. S., & Fathinah, P. D. (2022). Pelatihan pemasaran digital melalui marketplace bagi ibu rumah tangga. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 11(1), 38-44.

Paramita, M., Munawar, W., & Brawijaya, A. (2019). MODEL KEBUTUHAN USAHA MIKRO DAN KECIL TERHADAP PEMBIAYAAN SYARIAH (STUDI PADA USAHA MIKRO DAN KECIL DI BOGOR). Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 182-195.

Wahyuni, N., Irman, A. S. M., & Gunawan, A., 2018, Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce, Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Nursalam, A., & Alhifni, A. (2023). Pendampingan Pemasaran UMKM Unggulan Desa Wates Jaya Melalui Media Sosial Dan Marketplace. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 125–131. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.7150

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 5 times