Sosialisasi dan Pelatihan Inovasi Produk Lokal Desa Sukaharja Sebagai Peluang Usaha
Main Article Content
Abstract
Desa Sukaharja adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang memiliki komoditi perkebunan yang variatif namun yang berpotensi dijadikan produk olahan yang inovatif, peluang ini baru disadari oleh beberapa kalangan masyarakat, itu pun dalam praktiknya belum maksimal sehingga usaha yang dijalankan relatif tidak bertahan lama, hal ini bisa disebabkan banyak faktor salah satunya kurangnya pengetahuan seorang pengusaha dalam menjalankan suatu usaha, karena tentunya banyak hambatan-hambatan yang akan dijumpai. Oleh karena itu sosialisasi inovasi produk dilakukan untuk membagikan informasi tentang strategi menjalankan usaha agar masyarakat mempunyai pengetahuan yang cukup guna menghadapi hambatan-hambatan yang akan dijumpai dengan begitu usaha bisa berjalan secara berkelanjutan bahkan berkembang. Adapun sosialisasi invasi produk meliputi pengenalan produk inovasi yang memanfaatkan komoditi lokal, strategi pemasaran, desain kemasan, pembuatan kelompok usaha. Setelah membuat kelompok usaha dilakukan pelatihan pembuatan produk inovasi serta pembuatan media sosial agar pemasaran produk lebih luas. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan bisa memiliki usaha yang berkembang, berkelanjutan. Tidak hanya itu, karena produk inovasi berasal dari komoditi lokal yang ada di Desa Sukaharja diharapkan terjalin kerjasama antara petani dan dengan kelompok usaha serta terbukanya peluang kerja agar manfaat dirasakan oleh masyrakat Sukaharja secara luas, dengan harapan menghidupkan dan menaikan perekonomian di Desa Sukaharja.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Mustikowati, Rita Indah. 2015. Orientasi Kewirausahaan, Inovasi dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Diakses pada 30, Agustus 2022 dari file:///C:/Users/Rizaldi/Downloads/771-Article%20Text-781-1-10-20150809.pdf
Podomorouniversity.ac.id. 2022. Mengenal Apa Itu Inovasi dalam Bisnis dan Metodenya. Diakses pada 29 Agustus 2022 dari https://podomorouniversity.ac.id/inovasi-dalam-bisnis/
Rahayu, Y., & Aziz, I. A. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Kingkong (Keripik Daun Singkong) Sebagai Potensi Usaha Kreatif Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2939
Samudraoffice.com. 2019. Hambatan yang Muncul Dalam Mengelola Ide Bisnis. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2022 https://www.samudraoffice.com/artikel/bisnis/hambatan-yang-muncul-dalam-mengelola-ide-bisnis/
Yunal, Vivin. 2013. Analisa Pengaruh Motivasi berwirausaha dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2022 dari file:///C:/Users/Rizaldi/Downloads/250-399-1-SM.pdf