Sosialisasi dan Pelatihan Inovasi Produk Lokal Desa Sukaharja Sebagai Peluang Usaha
DOI:
https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.7149Keywords:
Hambatan, Inovasi Produk, Komoditi, Perekenomian lokal, Strategi UsahaAbstract
Desa Sukaharja adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang memiliki komoditi perkebunan yang variatif namun yang berpotensi dijadikan produk olahan yang inovatif, peluang ini baru disadari oleh beberapa kalangan masyarakat, itu pun dalam praktiknya belum maksimal sehingga usaha yang dijalankan relatif tidak bertahan lama, hal ini bisa disebabkan banyak faktor salah satunya kurangnya pengetahuan seorang pengusaha dalam menjalankan suatu usaha, karena tentunya banyak hambatan-hambatan yang akan dijumpai. Oleh karena itu sosialisasi inovasi produk dilakukan untuk membagikan informasi tentang strategi menjalankan usaha agar masyarakat mempunyai pengetahuan yang cukup guna menghadapi hambatan-hambatan yang akan dijumpai dengan begitu usaha bisa berjalan secara berkelanjutan bahkan berkembang. Adapun sosialisasi invasi produk meliputi pengenalan produk inovasi yang memanfaatkan komoditi lokal, strategi pemasaran, desain kemasan, pembuatan kelompok usaha. Setelah membuat kelompok usaha dilakukan pelatihan pembuatan produk inovasi serta pembuatan media sosial agar pemasaran produk lebih luas. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan bisa memiliki usaha yang berkembang, berkelanjutan. Tidak hanya itu, karena produk inovasi berasal dari komoditi lokal yang ada di Desa Sukaharja diharapkan terjalin kerjasama antara petani dan dengan kelompok usaha serta terbukanya peluang kerja agar manfaat dirasakan oleh masyrakat Sukaharja secara luas, dengan harapan menghidupkan dan menaikan perekonomian di Desa Sukaharja.
References
Mustikowati, Rita Indah. 2015. Orientasi Kewirausahaan, Inovasi dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Diakses pada 30, Agustus 2022 dari file:///C:/Users/Rizaldi/Downloads/771-Article%20Text-781-1-10-20150809.pdf
Podomorouniversity.ac.id. 2022. Mengenal Apa Itu Inovasi dalam Bisnis dan Metodenya. Diakses pada 29 Agustus 2022 dari https://podomorouniversity.ac.id/inovasi-dalam-bisnis/
Rahayu, Y., & Aziz, I. A. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Kingkong (Keripik Daun Singkong) Sebagai Potensi Usaha Kreatif Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2939
Samudraoffice.com. 2019. Hambatan yang Muncul Dalam Mengelola Ide Bisnis. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2022 https://www.samudraoffice.com/artikel/bisnis/hambatan-yang-muncul-dalam-mengelola-ide-bisnis/
Yunal, Vivin. 2013. Analisa Pengaruh Motivasi berwirausaha dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2022 dari file:///C:/Users/Rizaldi/Downloads/250-399-1-SM.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Rizaldi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.