Inovasi & Strategi Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Promosi Pemasaran Bagi Pelaku UMKM Tempe Iwan Desa Ciderum Kabupaten Bogor
Main Article Content
Abstract
UMKM sering kali dikatakan lebih kuat dalam menghadapi krisis global, namun hal itu tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi yang tepat agar UMKM bisa berkembang dan bertahan. Banyak sekali para pelaku usaha UMKM yang belum bisa mengelola usahanya dengan baik, kurangnya permodalan dan terbatasnya pasar menjadi faktor yang tidak bisa disepelekan. Pemerintah sudah mulai mengembangkan berbagai macam cara untuk membantu memajukan UMKM, perguruan tinggi yang bertanggung jawab terhadap Tri Dharma perguruan tinggi juga mempunyai andil yang penting dalam pemberdayaan masyarakat salah satunya adalah UMKM yang berada di desa Ciderum Kecamatan Caringin merupakan sebuah tempat UMKM yang memproduksi dan menjual tempe. Adapun dalam prosesnya, tim pengabdian mengidentifikasi masalah apa yang dihadapi oleh usaha tersebut lalu membuat program-program dan mengimplementasikannya dengan harapan pelaku usaha UMKM tempe tersebut bisa mengelola usahanya dengan lebih baik dan mempunyai sarana prasarana yang lebih baik untuk mengembangkan usahanya tersebut.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amalia, Euis & Rianto Al Arif, M. Nur Arif. 2010. Teori Mikro Ekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Partomo, Titik Sartika & Soedoedono, Abd Rachman. 2004. Strategi Pembinaan Usaha Ekonomi Skala Kecil.
Pandi, Anoraga. 2010. Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. Yogyakarta.
Permenpan No.21 tahun 2008
Resalawati, Ade. 2011. Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah.
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu penting. LP3ES: Jakarta.