Inovasi & Strategi Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Promosi Pemasaran Bagi Pelaku UMKM Tempe Iwan Desa Ciderum Kabupaten Bogor

Main Article Content

Yuppy Triwidatin

Abstract

UMKM sering kali dikatakan lebih kuat dalam menghadapi krisis global, namun hal itu tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi yang tepat agar UMKM bisa berkembang dan bertahan. Banyak sekali para pelaku usaha UMKM yang belum bisa mengelola usahanya dengan baik, kurangnya permodalan dan terbatasnya pasar menjadi faktor yang tidak bisa disepelekan. Pemerintah sudah mulai mengembangkan berbagai macam cara untuk membantu memajukan UMKM, perguruan tinggi yang bertanggung jawab terhadap Tri Dharma perguruan tinggi juga mempunyai andil yang penting dalam pemberdayaan masyarakat salah satunya adalah UMKM yang berada di desa Ciderum Kecamatan Caringin merupakan sebuah tempat UMKM yang memproduksi dan menjual tempe. Adapun dalam prosesnya, tim pengabdian mengidentifikasi masalah apa yang dihadapi oleh usaha tersebut lalu membuat program-program dan mengimplementasikannya dengan harapan pelaku usaha UMKM tempe tersebut bisa mengelola usahanya dengan lebih baik dan mempunyai sarana prasarana yang lebih baik untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Article Details

How to Cite
Triwidatin, Y. (2022). Inovasi & Strategi Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Promosi Pemasaran Bagi Pelaku UMKM Tempe Iwan Desa Ciderum Kabupaten Bogor . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 245–249. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.7097
Section
Articles

References

Amalia, Euis & Rianto Al Arif, M. Nur Arif. 2010. Teori Mikro Ekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.

Partomo, Titik Sartika & Soedoedono, Abd Rachman. 2004. Strategi Pembinaan Usaha Ekonomi Skala Kecil.

Pandi, Anoraga. 2010. Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. Yogyakarta.

Permenpan No.21 tahun 2008

Resalawati, Ade. 2011. Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah.

Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu penting. LP3ES: Jakarta.