Pemberdayaan Ekonomi Melalui Upgrading Packaging dan Pemasaran Produk Keripik Singkong (Kripsi) Di Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor

Authors

  • Siti Maesaroh Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda
  • Agung Muttaqien Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda
  • Hanrezi Dhania Hasnin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.6704

Keywords:

Ekonomi, Pemasaran, Pembaruan Kemasan

Abstract

Desa Cipelang memiliki potensi yang besar di bidang pertanian yang mengasilkan tanaman pangan, seperti singkong, ubi dan lain-lain. Masyarakat Desa Cipelang memanfaatkan potensi berupa singkong yang melimpah tersebut dengan membuat usaha keripik singkong yang dapat memberikan nilai tambah secara ekonomis. Namun, beberapa pengusaha rumahan keripik singkong ini masih melakukan segala kegiatan usahanya secara tradisional yang hasil produksinya hanya dikemas biasa menggunakan plastik bening tanpa perlakuan khusus dengan memberi nama merk produk serta lingkup pemasaran yang sempit. Maka solusi yang dari permasalahan ini ialah dengan pembaruan kemasan dan memperluas lingkup pemasaran. Target dari kegiatan ini berupa pendampingan UMKM rumahan keripik singkong (KRIPSI) Ibu Fatimah dengan cara mendampingi dan memberikan pemahaman terkait pentingnya kemasan untuk menarik konsumen dan cara memanfaatkan sumber daya alam serta teknologi yang digunakan untuk pemasaran. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu menggunakan metode FGD (Focuss Group Discusion) dan pelaksanaan pendampingan usaha. Sehingga dihasilkan sebuah pembaruan kemasan berupa adanya logo sebagai identitas dari produk UMKM KRIPSI sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan lingkup pemasaran yang lebih luas serta pemahaman pelaku UMKM KRIPSI meningkat terkait pengoptimalan sumber daya alam yang ada untuk mensejahterakan UMKM KRIPSI sendiri.

References

D.K, N. R. (2019). Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna Di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdhi, 6-13.

Lathifah, Z. K. (2022). Panduan Pelaksanaan KKN 2022. Bogor: Unida Press.

Nenengsih, A. S. (2019). Strategi Pengembangan Industri Makanan Khas Daerah Di Kota Padang Dengan Pengemasan Dan Pemasaran Berbasis Teknologi. Menara Ekonomi, 21-34.

Ninuk Muljati, D. (2020). Pentingnya Merek dan Kemasan untuk Meningkatkan Daya Saing Produk dari Usaha Mikro dan Kecil. Jurnal Abdimas Peka, 53-65.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah)Dalam Perekonomian Indonesia . Bilancia, 33- 64.

Suhendra, B. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Inovasi Pengemasan Makanan Yang Menarik Di Kecamatan Payarama . Jurnal Pemberdayaan,, 169- 174.

Yuyun Suprapti, J. M. (2022). Inovasi Pembuatan Dan Pengemasan Telur Asin Kukusketahanan Pangan Dalam Situasi Pandemi. Jurnal Abdi Mas Tpb, 128-135.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Maesaroh, S., Muttaqien, A., & Hasnin, H. D. . (2023). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Upgrading Packaging dan Pemasaran Produk Keripik Singkong (Kripsi) Di Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 132–138. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.6704

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 25 times