Pelatihan Digital Marketing Berbasis Syariah Pada Pelaku UMKM Kusen

Main Article Content

Nur Anisah
Muhammad Dahlan Qushairi
Zahra Khusnul Lathifah

Abstract

Perkembangan pesat teknologi sangat cepat mengubah cara pemasaran di dunia dalam kurun waktu terakhir ini. Maka dari itu, tim pegabdi melakukan pelatihan digital marketing dengan tujuan membatu Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) yang ada di desa Bendungan seperti pengrajin kusen agar lebih maju dan mengoptimalkan penjualan dengan cara yang mudah seperti pemasaran produk dengan cara online, pembayaran secara online dengan menggunakan aplikasi LinkAja Syariah sehingga mempermudah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerajinan kusen yang ada di desa Bendungan. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi digital marketing berbasis syariah ini dilakukan dengan cara observasi, pembuatan poster, sosialisasi kepada UMKM Desa Bendungan tentang digital marketing berbasis syariah, melakukan kegiatan pelatihan, pendampingan serta evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan sosialisasi digital marketing di desa Bendungan yang telah diberikan kepada masyarakat di desa Bendungan yang mempunyai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara langsung yaitu: membantu mempermudah sistem pembayaran secara online khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengrajin kusen, dan masyarakat khususnya desa Bendungan menjadi faham cara memasarkan produk dengan mengunakan media online seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Article Details

How to Cite
Anisah, N., Qushairi, M. D. ., & Lathifah, Z. K. . (2024). Pelatihan Digital Marketing Berbasis Syariah Pada Pelaku UMKM Kusen. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.6661
Section
Articles

References

Bayu Bagas Hapsoro, Palupiningdyah, Achmad Slamet. (2019). Peran Marketing Online sebagai Upada Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Dania, T. R. (2016). Blending Traditional And Digital Marketing: Bulletin of the Transilvania University of Brasov Series V. Economic Sciences, 9(1), 58.

Hamza, L., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia.

Hendrawan, A., Kuswantoro, F., & Sucahyawati, H. (2019). Dimensi Kreativitas dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(1).