Pelatihan Digital Marketing Berbasis Syariah Pada Pelaku UMKM Kusen
Main Article Content
Abstract
Perkembangan pesat teknologi sangat cepat mengubah cara pemasaran di dunia dalam kurun waktu terakhir ini. Maka dari itu, tim pegabdi melakukan pelatihan digital marketing dengan tujuan membatu Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) yang ada di desa Bendungan seperti pengrajin kusen agar lebih maju dan mengoptimalkan penjualan dengan cara yang mudah seperti pemasaran produk dengan cara online, pembayaran secara online dengan menggunakan aplikasi LinkAja Syariah sehingga mempermudah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerajinan kusen yang ada di desa Bendungan. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi digital marketing berbasis syariah ini dilakukan dengan cara observasi, pembuatan poster, sosialisasi kepada UMKM Desa Bendungan tentang digital marketing berbasis syariah, melakukan kegiatan pelatihan, pendampingan serta evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan sosialisasi digital marketing di desa Bendungan yang telah diberikan kepada masyarakat di desa Bendungan yang mempunyai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara langsung yaitu: membantu mempermudah sistem pembayaran secara online khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengrajin kusen, dan masyarakat khususnya desa Bendungan menjadi faham cara memasarkan produk dengan mengunakan media online seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bayu Bagas Hapsoro, Palupiningdyah, Achmad Slamet. (2019). Peran Marketing Online sebagai Upada Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Dania, T. R. (2016). Blending Traditional And Digital Marketing: Bulletin of the Transilvania University of Brasov Series V. Economic Sciences, 9(1), 58.
Hamza, L., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia.
Hendrawan, A., Kuswantoro, F., & Sucahyawati, H. (2019). Dimensi Kreativitas dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(1).