Inovasi dan Strategi Digitalisasi Pada UMKM Aneka Jajanan Pak Mandor Desa Ciburayut
DOI:
https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.6616Keywords:
Inovasi, Kemasan, Produk, PemasaranAbstract
Aneka Jajanan Pak Mandor adalah salah satu produk UMKM yang ada di desa Ciburayut, yang diinovasikan dari segi kemasan, produk dan pemasaran. Permasalahan seputar inovasi produk, tampilan kemasan dan target pasar menjadi permasalahan yang selalu dihadapi oleh pelaku UMKM. Pengembangan desain kemasan dan inovasi produk sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas dalam ajang memperkuat daya saing pasar. Inovasi merupakan salah satu cara pelaku usaha untuk dapat bersaing secara sehat dan upaya meningkatkan eksistensi produk yang diual. Melalui inovasi kemasan dan inovasi produk yang dilakukan pelaku UMKM dapat meningkatkan daya jual dari produk itu sendiri, karena kemasan dan produk merupakan perpaduan yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan yang berhadapan langsung dengan konsumen. Tidak hanya inovasi produk dan tampilan kemasan yang menjadi perhatian, namun target pasar yang luas juga menjadi salah satu tujuan dari hasil inovasi yang dikembangkan. Maka dari itu perlu juga dikembangkan pemasaran yang lebih luas baik secara offline maupun online. Program ini dilakukan dengan metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan pendampingan proses produksi hingga pendampingan pemasaran. Hal ini dapat membatu pelaku usaha untuk meningkatkan semangat dalam berwirausaha serta meningkatkan kesadaran UMKM dalam inovasi produknya, kemasan dan pemasaran digital.
References
Anwar, S.S. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Inovasi Produk Olahan Singkong. Almujtamae, Jurnal pengabdian masyarakat, Vol. 1 No. 3.
Dwi, A. C. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Inovasi Produk. Journal of Chemical Information and Modeling.
Fajar, A. M., & Kurnia, T. (2022). Pengolahan Inovasi Kulit Singkong Menjadi Produk Kreatif sebagai Peningkatan Pendapatan Masyarakat Kampung Suka’asih Desa Parungkuda. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 126–133. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.5580
Kristiyani, M. (2016). Usaha Mikro dan UKM dalam Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi.
Muhammad, T. (2017). Produksi dalam Prespektif Ekonomi Islam. Islamadina, Volume XVIII No. 1.
Wijayanti, S. W., et al. (2022). Peningkatan Promosi Usaha Kopi BUMDes Jaya Laksana Melalui Pemanfaatan Media Sosial. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 119–125. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6531
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khoerunisa Azkia, Yayang Sri Maria
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.