Pengembangan UMKM Zema Moring Melalui Inovasi Produk dan Pemasaran Online

Main Article Content

Shifa Fadhillah Azzahra
Erwanda Praja Yusup
Sobrul Laeli
Yusuf Safari

Abstract

Inovasi produk merupakan sebuah cara agar sebuah produk memiliki daya saing. Salah satu bentuk inovasi produk yaitu melalui kemasan serta pengembangan varian rasa. Di Desa Banjarwangi terdapat salah satu UMKM yang cukup potensial yaitu UMKM Zema moring, UMKM ini mengalami kendala dalam hal branding produk dan pemasaran secara online. Maka dari itu tim PKM menyusun program inovasi produk berupa pembaharuan kemasan serta pelatihan digital marketing. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pentingnya inovasi kemasan, dalam mengemas produk agar lebih menarik dan melindungi produk dengan baik, serta menggunakan kemasan sesuai jenis produk, serta meningkatkan pemahaman Pelaku UMKM terhadap digital marketing sebagai media pemasarannya.  Metode yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan data dan informasi, menyusun konsep desain produk dan konsep pelatihan digital marketing, menentukan media yang akan digunakan, pelaksanaan program, uji coba produk dan publikasi produk. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan penjualan produk, terbukti pada UMKM Zema Moring bahwa desain kemasan yang menarik dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan branding bisnis. Pelaku UMKM pun akhirnya paham mengenai digital marketing serta pentingnya inovasi produk.

Article Details

How to Cite
Azzahra, S. F. ., Yusup, E. P., Laeli, S., & Safari, Y. (2023). Pengembangan UMKM Zema Moring Melalui Inovasi Produk dan Pemasaran Online. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 10–19. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.6587
Section
Articles

References

Ayunin, N., Fitri, F., & Raflyani, F. (2021). Inovasi Mesin Duta Baru sebagai Pengaduk dan Pencetak Kue Kembang Waru di UMKM Kotagede Yogyakarta. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.638

Elsandra, Y., & Yulianto, A. A. (2013). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil, Menengah berbasis Industri Kreatif melalui ICT. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2(1).

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1). https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Rifai, Z. & Meiliana, D. (2020). Pendampingan dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540

Rohimah, S., & Tuti Kurnia. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Keripik Kulit Singkong. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i1.2914

Tobing Diana S.K & Aini H. (2022). MENINGKATKAN MANAJEMEN PEMASARAN, BRAND IMAGE DAN INOVASI PRODUK PADA UMKM “OPAK DIFAH” DESA LERAN, KECAMATAN MANYAR, KABUPATEN GRESIK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1)

Wijayanti, S. W. ., et.al. (2022). Peningkatan Promosi Usaha Kopi BUMDes Jaya Laksana Melalui Pemanfaatan Media Sosial. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 119–125. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6531