Sosialisasi Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Untuk Peningkatan Pemberdayaan UMKM Anyaman Daur Ulang
Main Article Content
Abstract
Mayoritas masyarakat di Desa Batulayang berprofesi sebagai petani. Dalam hal perekonomian seperti penjualan suatu produk, masyarakat belum sepenuhnya mengetahui perihal strategi dalam pemasaran terutama pemasaran berbasis syariah. Sehingga perlu adanya bimbingan atau pendampingan kepada masyarakat agar mengetahui strategi pemasaran yang baik berbasis syariah. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan secara menyeluruh. Metode yang diakukan adalah dengan sosialisasi pengetahuan tentang strategi pemasaran berbasis syariah menjelaskan bagaimana sistem yang ada didalamnya. Dalam sosialisasi ini penulis memaparkan pengetahuan tentang strategi pemasaran ekonomi syariah agar masyarakat memahami perekonomian yang baik yaitu ekonomi syariah. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang didapatkan adalah masyarakat menyadari pentingnya suatu strategi dalam pemasaran produk.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Basyir, Ahmad Azhar. 2000. Asas-Asas Hukum Muamalat (Hukum Perdata Islam). Yogyakarta: UII Press, 2000.
Bestari. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta:Unit Penerbitan Fakultas Ekonomi (UPFE).
Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset.
Purwanto, I. 2008. Manajemen Strategi. Bandung: CV Ryama Widya.
Umar, H. 2001. Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan WheelanHunger. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo, Dimas Hendika, Zainul Arifin., dan Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No.1.