Peningkatan Kinerja UMKM Desa Ciburuy Melalui Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana Bagi Usaha Mikro

Main Article Content

Siti Solihat

Abstract

Masyarakat Desa Ciburuy Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor tidak sedikit yang berwirausaha, seperti Pelaku UMKM Rangginang Ibu Farida di Kampung Kibaru Desa Ciburuy yang sudah lama berwirausaha, namun usahanya belum dapat berkembang dengan baik. Berdasarkan survei yang dilakukan di lapangan menunjukan bahwa, kegiatan usaha yang dilakukan belum disertai dengan pemahaman terhadap pencatatan keuangan, maka dari itu pelaku UMKM membutuhkan pemahaman tentang pencatatan keuangan untuk kegiatan usahanya. Peningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam melakukan pencatatan keuangan dibutuhkan dengan adanya pelatihan pencatatan keuangan. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah UMKM Rangginang Ibu Farida dapat melakukan pencatatan keuangan sehingga dapat terukur biaya pengeluaran, pemasukan, keuntungan dan kerugian yang diperoleh dan dapat mengetahui perkembangan usahanya. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, diskusi dan tanya jawab serta pelatihan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam melakukan pencatatan keuangan sehingga meningkatkan kinerja UMKM dalam menjalankan usahanya.

Article Details

How to Cite
Solihat, S. (2023). Peningkatan Kinerja UMKM Desa Ciburuy Melalui Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana Bagi Usaha Mikro. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 317–324. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i3.6377
Section
Articles

References

Andrianto., Maharani, R., & Nuraini, F. (2017). Pencatatan Akuntansi pada Usaha PeternakanAyam Petelur (Studi Kasus Usaha Peternakan Ayam Petelur di Kecamatan Sugio Lamongan). Majalah Ekonomi, 22 (1), - 1 – 7.

Baridwan, Zaki. 2013. Sistem Informasi Akuntansi, edisi kedua. Yogyakarta: BPFE

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Kurniawati, E. P., Nugroho, P. I., & Arifin, C. (2012). Penerapan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JMK, 10(2), 1 – 10.

Paramita, M., Munawar, W., & Brawijaya, A. (2019). Model Kebutuhan Usaha Mikro Dan Kecil Terhadap Pembiayaan Syariah (Studi Pada Usaha Mikro Dan Kecil Di Bogor). Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 182-195