Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Pamoyanan Melalui Strategi Pemasaran Produk “Kremes Ubi”
Main Article Content
Abstract
Persaingan bisnis kuliner semakin meningkat setiap tahunnya. Kuliner bisnis yang sedang berkembang pesat saat ini adalah produk makanan, Salah satunya yaitu produk “Kremes Ubi” yang diproduksi di kelurahan pamoyanan kecamatan bogor selatan kota bogor. Adanya pandemi covid-19 berdampak pada tingkat penjualan UMKM “Kremes Ubi” mengalami penurunan. Metode pelaksanaan yang dilakukan penulis yaitu melakukan wawancara terhadap pemilik UMKM Kremes Ubi. Hasil pemilihan strategi menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan strategi alternatif yaitu mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk tanpa bahan pengawet untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk dan memperoleh keuntungan yang menjanjikan. Strategi ini dilakukan melalui promosi yang berbasis online.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Indraswari SR. 2016. Pengaruh Inovasi Produk Ubi Ungu Terhadap Kualitas Produk Kremes Ubi Ungu Kacang Di Desa Linggajati Kabupaten Kuningan [ Skripsi ]. Bandung (ID). Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Murdani, Widayani S, Hadromi. 2019. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). p-ISSN: 1410-2765; e-ISSN: 2503-1252
Narto, & Gatot Basuki HM, 2020. Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Vol 6. No 1. Surabaya
Rohimah, S., & Kurnia, T. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Keripik Kulit Singkong. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-18.
Wibowo DH, zainul arifin dan sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Vol.29. No.1. Malang.