Peningkatan Pemasaran UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing
Main Article Content
Abstract
UMKM yang ada di Desa Ciburuy jumlahnya relatif banyak tetapi permasalahan pemasaran produk masih sempit hanya di sekitar itu saja. Sementara itu untuk meningkatkan penjualan, wilayah pemasaran harus luas karena itu dilakukannya media online. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif, aktif, dan produktif serta meningkatkan pemasaran produk UMKM yang ada di Desa Ciburuy. Salah satunya mengembangkan pemasaran produk UMKM melalui online dengan pelatihan digital marketing. Metode yang digunakan sosialisasi dan pelatihan digital marketing pada UMKM untuk mengembangkan pemasaran produk. Hasil dari program pelatihan digital marketing kepada UMKM yaitu peningkatan pemasaran produk melalui promosi di berbagai media sosial sehingga meningkatkan perekonomian dan pemasaran online di Desa Ciburuy dan pelaku UMKM memahami digital marketing.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hendriadi, A. A., sari, betha nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Mohammad, Takdir. 2018. Pemberdayaan Pelaku Home Industry Rengginang Melalui Managemen Pemasaran Produksi di Desa Montok Larangan Pamekasan Madura. In: Annual Conference on Community Engagement
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.
Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425