Peningkatan Pemasaran UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing

Main Article Content

Siti Nurmala

Abstract

UMKM yang ada di Desa Ciburuy jumlahnya relatif banyak tetapi permasalahan pemasaran produk masih sempit hanya di sekitar itu saja. Sementara itu untuk meningkatkan penjualan, wilayah pemasaran harus luas karena itu dilakukannya media online. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif, aktif, dan produktif serta meningkatkan pemasaran produk UMKM yang ada di Desa Ciburuy. Salah satunya mengembangkan pemasaran produk UMKM melalui online dengan pelatihan digital marketing. Metode yang digunakan sosialisasi dan pelatihan digital marketing pada UMKM untuk mengembangkan pemasaran produk. Hasil dari program pelatihan digital marketing kepada UMKM yaitu peningkatan pemasaran produk melalui promosi di berbagai media sosial sehingga meningkatkan perekonomian dan pemasaran online di Desa Ciburuy dan pelaku UMKM memahami digital marketing.

Article Details

How to Cite
Nurmala, S. (2022). Peningkatan Pemasaran UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing. LMUJTAMAE: urnal engabdian asyarakat, 2(3), 281–289. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.6340
Section
Articles

References

Hendriadi, A. A., sari, betha nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Mohammad, Takdir. 2018. Pemberdayaan Pelaku Home Industry Rengginang Melalui Managemen Pemasaran Produksi di Desa Montok Larangan Pamekasan Madura. In: Annual Conference on Community Engagement

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425