Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Makanan Bunga Telang di Pulo Empang Kelurahan Paledang

Main Article Content

Jannatun Nisa

Abstract

Sumber daya alam yang dihasilkan terdapat manfaat dan obat untuk kesehatan, akan tetapi sumber daya alam yang dimiliki Kelurahan Paledang belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga perlu adanya bimbingan atau pendampingan kepada masyarakat untuk memanfaatkan potensi yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan produk olahan bunga telang yang dibuat menjadi sebuah makanan. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah sosialisasi dan pembuatan inovasi produk olahan bunga telang. Dalam pengolahan produk olahan bunga telang ini membuat sistik bunga telang (makanan ringan) yang merupakan makanan ringan gurih, enak, dan sehat. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang didapatkan adalah pengembangan produk olahan bunga telang lebih kreatif dan inovatif serta masyarakat sekitar lebih memahami cara memanfaatkan sebuah potensi yang ada di sekitar.

Article Details

How to Cite
Nisa, J. (2023). Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Makanan Bunga Telang di Pulo Empang Kelurahan Paledang . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 197–203. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.6339
Section
Articles

References

Aburrahman, N. H. (2013). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: Pustaka Setia.

Anwar, S. S., & Qomaruddin, S. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Singkong. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 125-134.

Fitriani, F. (2020). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Kriya Kayu Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam. SKRIPSI.

Hindasyah, I. J., & Dewi, A. (2021). Pengolahan Inovasi Ubi Jalar Menjadi Produk Kreatif Sebagai Peningkatan Pendapatan Masyarakat Kampung Mekarjaya Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 150-157.

Radhi, F. (2015). Industry Policy and Technology Transfer: Review and Analysis of the Indonesian Automotive Industry during New Order Era. Jurnal Akutansi dan Manajemen, STIE YKPN, Jogyakarta,Vol. XVI, Nomor 2, hal. 107-120.

Rohimah, S., & Kurnia, T. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Keripik Kulit Singkong. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-18.

Sasono, E. d. (2014). Manajemen Inovasi Pada Usaha Kecil Menengah. JURNAL STIE SEMARANG, VOL 6, NO 3, Edisi Oktober 2014 (ISSN : 2252 – 7826).