Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Ubi Jalar
DOI:
https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.6332Keywords:
Inovasi Produk, Pemanfaatan Ubi Jalar, PemasaranAbstract
Sumber Daya Alam yang dihasilkan Desa Sukajaya sangat melimpah, akan tetapi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga perlu adanya bimbingan atau pendampingan kepada masyarakat untuk memanfaatkan potensi yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan produk tanaman ubi jalar yang dibuat menjadi sebuah makanan dan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak pernah dibuat oleh orang lain, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Metode pelaksanaan yang dilakukan berupa pendampingan ekonomi masyarakat dengan cara membentuk kelompok usaha yang akan mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada disekitar wilayah Desa Sukajaya dengan membuat sebuah inovasi produk olahan ubi jalar. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program produk-produk yang dibuat untuk Kelompok Wanita Tani ini yang memanfaatkan umbi-umbian yang melimpah di pedesaan sangat efektif dijadikan sebagai cemilan bahkan oleh-oleh khas daerah tersebut. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini usaha mikro yang fakum bisa berjalan kembali dan dengan pengemasan yang menarik sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan menambah jumlah penjualan serta meningkatkan pendapatan Kelompok Wanita Tani di Desa Sukajaya.
References
Oktaviani, A. (2022). Pemanfaatan Potensi Desa dalam Pelatihan Inovasi Produk Keripik Kacang Panjang untuk Meningkatkan Kemandirian Berwirausaha. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 100–106. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.5578
Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN SUMBER DAYA LOKAL. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186
Sakti, Arif Barata dan Andjar Prasetyo. (2018). Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreuner Pada Hasil Inovasi Di Kota Magelang. Vol.3 No.1.Magelang.
Wijayanti, S. W., et al. (2022). Peningkatan Promosi Usaha Kopi BUMDes Jaya Laksana Melalui Pemanfaatan Media Sosial. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 119–125. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6531
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wahda Khoerunnisa
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.