Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Optimalisasi Pengembangan dan Inovasi Bisnis Jamu Migunani Herbal
DOI:
https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6331Keywords:
Inovasi Produk, Jamu, Pengabdian MasyarakatAbstract
Inovasi adalah suatu pembaharuan terhadap berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut mempunyai manfaat yang lebih bagi manusia. Proses inovasi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan karena kedua hal tersebut dapat memudahkan dalam memproduksi sesuatu yang baru dan berbeda. Pada dasarnya manfaat inovasi adalah untuk menyempurnakan atau meningkatkan fungsi dari pemanfaatan suatu produk atau sumber daya sehingga manusia mendapatkan manfaat yang lebih. Inovasi terjadi di berbagai bidang kehidupan, mulai dari dunia bisnis, pendidikan, komunikasi, dan lain sebagainya. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemanfaatan inovasi dan kreatifitas masyarakat berpotensi untuk meningkatkan nilai ekonomi dari hasil pertanian dan perkebunan di daerah tersebut
References
Aldy Purnomo, Rochmat. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta : Ziyad Visi Media.
Ariyani, (2017). Pemanfaatan Kulit Singkong Sebagai Bahan Baku Arang Aktif Dengan Variasi Konsentrasi Naoh Dan Suh
Hamali, Sambudi. (2016). Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Pada Industri Kecil Pakaian Jadi Kota Bandung.
Humaira, Dkk. 2019. Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Koran Sebagai Alat Peningkatan Ekonomi. Jurnal Qardhul Hasan : Media Pengabdian kepada Masyarakat p-ISSN 2442-3726 e-ISSN
Iskandar, J. dan B. S. Iskandar. (2016). Etnoekologi dan Pengelolaan Agroekosistem oleh Penduduk Desa Karangwangi Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan Jawa Barat. Jurnal Biodjati, 1 (1): 1-12.
Prasetyo, A. (2018). Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreneur pada Hasil Inovasi Kota Magelang
Sakti, Arif Barata dan Andjar Prasetyo. (2018). Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreuner Pada Hasil Inovasi Di Kota Magelang. Vol.3 No.1.Magelang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahmat Nurhino Syaidul Karim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.