Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Sosial Media Desa Bendungan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor

Authors

  • Novi Liyanti Universitas Djuanda
  • Adi Rahmannur Ibnu Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6329

Keywords:

UMKM, Pemanfaatan Sosial Media, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Desa Bendungan memiliki berbagai macam jenis UMKM, baik dibidang kuliner, kerajinan, seni, tanaman hias, dan lain-lain. Akan tetapi, sebagian besar UMKM belum mengembangkan usahanya dengan mengikuti perkembangan teknologi masa kini, seperti memanfaatkan sosial media untuk berjualan secara online agar dapat memperluas pasar. Metode yang dilakukan adalah dengan pelatihan pembuatan akun dan membuat konten promosi. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang didapatkan adalah pengembangan pemasaran produk UMKM lebih luas dan lebih kreatif. Diharapkan pelaku UMKM dapat menggunakan atau memanfaatkan akun Instagram dengan lebih kreatif dimulai dari foto produk yang lebih menarik dan giat promosi melalui Instastory Instagram menggunakan template yang menarik.

References

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2013. Manajemen Bisnis Syariah dan kewirausahaan, Bandung : Pustaka Setia.

Aldy Purnomo, Rochmat. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta : Ziyad Visi Media.

Ensiklopedia Ekonomi Bisnis & Manajemen P-Z. 1982. Cipta Adi Pustaka.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Liyanti, N. ., & Ibnu, A. R. . (2022). Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Sosial Media Desa Bendungan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 179–184. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6329

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 38 times