Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Sosial Media Desa Bendungan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor

Main Article Content

Novi Liyanti
Adi Rahmannur Ibnu

Abstract

Desa Bendungan memiliki berbagai macam jenis UMKM, baik dibidang kuliner, kerajinan, seni, tanaman hias, dan lain-lain. Akan tetapi, sebagian besar UMKM belum mengembangkan usahanya dengan mengikuti perkembangan teknologi masa kini, seperti memanfaatkan sosial media untuk berjualan secara online agar dapat memperluas pasar. Metode yang dilakukan adalah dengan pelatihan pembuatan akun dan membuat konten promosi. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang didapatkan adalah pengembangan pemasaran produk UMKM lebih luas dan lebih kreatif. Diharapkan pelaku UMKM dapat menggunakan atau memanfaatkan akun Instagram dengan lebih kreatif dimulai dari foto produk yang lebih menarik dan giat promosi melalui Instastory Instagram menggunakan template yang menarik.

Article Details

How to Cite
Liyanti, N. ., & Ibnu, A. R. . (2022). Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Sosial Media Desa Bendungan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 179–184. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6329
Section
Articles

References

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2013. Manajemen Bisnis Syariah dan kewirausahaan, Bandung : Pustaka Setia.

Aldy Purnomo, Rochmat. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta : Ziyad Visi Media.

Ensiklopedia Ekonomi Bisnis & Manajemen P-Z. 1982. Cipta Adi Pustaka.