Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Sosial Media Desa Bendungan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor
Main Article Content
Abstract
Desa Bendungan memiliki berbagai macam jenis UMKM, baik dibidang kuliner, kerajinan, seni, tanaman hias, dan lain-lain. Akan tetapi, sebagian besar UMKM belum mengembangkan usahanya dengan mengikuti perkembangan teknologi masa kini, seperti memanfaatkan sosial media untuk berjualan secara online agar dapat memperluas pasar. Metode yang dilakukan adalah dengan pelatihan pembuatan akun dan membuat konten promosi. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang didapatkan adalah pengembangan pemasaran produk UMKM lebih luas dan lebih kreatif. Diharapkan pelaku UMKM dapat menggunakan atau memanfaatkan akun Instagram dengan lebih kreatif dimulai dari foto produk yang lebih menarik dan giat promosi melalui Instastory Instagram menggunakan template yang menarik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdurrahman, Nana Herdiana. 2013. Manajemen Bisnis Syariah dan kewirausahaan, Bandung : Pustaka Setia.
Aldy Purnomo, Rochmat. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta : Ziyad Visi Media.
Ensiklopedia Ekonomi Bisnis & Manajemen P-Z. 1982. Cipta Adi Pustaka.