Pengembangan Produk Kicimpring UMKM Maeni Homemade Milik Kelompok Wanita Tani (KWT) Kampung Lengkong

Main Article Content

Muhammad Sahrul Mubarok

Abstract

Kurangnya pemahaman pelaku UMKM MAENI Homemade mengenai cara pengembangan dan pemasaran produk menjadikan nilai produk kelompok wanita tani menjadi kurang bernilai ekonomis. Peningkatan produktivitas menuju keunggulan kompetitif akan dicapai seiring dengan upaya memperkuat kemampuan sumber daya manusia berbasis pengembangan produk. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk mengetahui peningkatan ekonomi melalui pengembangan produk dengan memaksimalkan pemanfaatan media yang ada dengan cara memperbaiki produk yang sudah ada oleh pelaku UMKM dengan asumsi pelanggan menginginkan unsur-unsur baru mengenai produk UMKM MAENI Homemade. Metode yang digunakan adalah Pendekatan Orang Dewasa (POD) dengan melakukan metode sosialisasi, bertukar pikiran dengan pelaku UMKM dan praktik kegiatan program yang menyesuaikan kondisi lapangan. Para Pelaku UMKM Desa Pasir Buncir khususnya UMKM MAENI Homemade mengetahui pentingnya pengembangan produk dalam meningkatkan perekonomian. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian, maka dapat meingkatkan perekonomian UMKM melalui pengembangan produk dengan memaksimalkan pemanfaatan media yang ada. Selain itu, para pelaku UMKM Desa Pasir Buncir khususnya UMKM MAENI Homemade dapat secara mandiri dalam mengembangkan produknya.

Article Details

How to Cite
Mubarok, M. S. . (2022). Pengembangan Produk Kicimpring UMKM Maeni Homemade Milik Kelompok Wanita Tani (KWT) Kampung Lengkong . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 165–170. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6328
Section
Articles

References

Anwar, Siti Sovia. 2019. Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur Melalui Inovasi Produk Olahan Singkong. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi Islam, Universitas Djuanda Bogor.

Hartini, Sri. 2012. Peran inovasi: pengembangan kualitas produk dan kinerja bisnis. Jurnal manajemen dan kewirausahaan. 14(1) : 63-90.

Putra, Bayu maulana hadi. Strategi Peningkatan Pemberdayaan Dan Pemasaran Kerajinan Khas Kampung Mekarjaya Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda (Sapu Tamiyang)”. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi Islam, Universitas Djuanda Bogor.

Sakti, Arif Barata dan Andjar Prasetyo. 2018. Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis Model Penguatan Teknopreuner Pada Hasil Inovasi Di Kota Magelang. Vol.3 No.1.Magelang.