Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Penyuluhan Bisnis di Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor

Main Article Content

Lailatul Qomariyah Matondang

Abstract

Sebagian masyarakat Desa Sukajaya adalah seorang pedagang dan terdapat banyak UMKM, namun karena keterbatasan dibidang pemasaran menyebabkan usaha-usahanya hanya terkenal di daerah sekitar, sehingga target pasar yang sempit mengakibatkan ekonomi mereka kurang berkembang. Oleh karena itu, perlu adanya penyuluhan bisnis sebagai penguatan ekonomi masyarakat atas usaha-usaha dan potensi yang ada di Desa Sukajaya. Metode pelaksanaan yang dilakukan penulis berupa program penyuluhan bisnis masyarakat dengan cara menggunakan metode partisipatif dan penyuluhan kepada kelompok UMKM, PKK dan kelompok pemuda kampung Waluya. Dalam penyuluhan bisnis dilakukan dengan beberapa tahap seperti penyuluhan strategi pemasaran dan pengemasan, penyuluhan manajemen organisasi/usaha dan penyuluhan pencatatan keuangan. Setelah dilaksanakan program penyuluhan bisnis, hasil yang didapatkan adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat akan usaha/bisnis sehingga diharapkan masyarakat mampu mengimplementasikan atas pengetahuan yang didapat dari program bisnis dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat untuk orang lain.

Article Details

How to Cite
Matondang , L. Q. . (2022). Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Penyuluhan Bisnis di Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 158–164. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6327
Section
Articles

References

Cahyani, R. 2019. Laporan Individu Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sosialisasi Ekonomi Syariah Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Kampung Mekarjaya Desa Padamulya Terhadap LKMS dan Ziswaf. Bogor: Program Study Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Islam, Universitas Djuanda.

Evasar, A, D., Utomo, Y, B., Ambarawati, D. 2019. Pelatihan dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat,Volume 2 Nomor 2. Pp 77.

Muhardi, Tandika, D, Tresnati, R, Oktini, D R. 2014. Penyuluhan Mengenai Manajemen Usaha dan Sistem Dagang Islami Kepada Pedagang Kecil, di Lingkungan Pasar Kosambi Kotamadya Bandung.

Nugroho, M A. 2010. Makalah Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kewirausahaan: Motivasi Berwirausaha Sebagai Jembatan Menuju Perbaikan Ekonomi. Universitas Yogyakarta.

Sembiring, S. 2020. Penyuluhan Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Pengembangan Karang Taruna Kampung Serua Poncol, Sawah Baru, Tangerang. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 2 Nomor 2. Pp 124.

Soejipto, N. 2020. Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Yogyakarta: K-Media.

Subur, A, S., Hidayati & Murtatik, S. 2015. Penyuluhan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha dan Memulai Usaha Produktif di Kelurahan Krukut Kecamatan Limo. Jakarta : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi UPN.

Sumarni, Y. 2020. Pandemi Covid-19 : Tantangan Ekonomi dan Bisnis. IAIN Bengkulu. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Volume 6 Nomor 2. Pp50.

Thaha, A F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Universitas Hasanuddin. Jurnal Brand , Volume 2 Nomor 1. Pp 151.

Wibowo, A, Pradiptha A.P, Mulyati, Utari D.R. 2020. Penyuluhan Wirausahawan Berbasis TeknologI Pemuliahan Ekonomi Masyarakat terdampak Covid-19 di Masa New Normal. E-DIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 11 Nomor 03. Pp 360