Pemasaran Produk UMKM Moring di Desa Banjarwangi Melalui Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Khoirun Nisa

Abstract

Strategi pemasaran adalah suatu pendekatan pokok yang akan digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu yang mana di dalamnya tercantum keputusan-keputusan pokok mengenai target pasar, penempatan produk di pasar, bauran pemasaran dan tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Makanan  ringan atau dikenal dengan sebutan snack food adalah makanan yang dikonsumsi selain atau antara waktu makan utama dalam sehari. Salah satu jenis camilan yang sudah banyak beredar dikalangan masyarakat adalah keripik “Moring” atau cimol kering yang saat ini masih belum banyak dikenal masyarakat dan sedang dikembangkan oleh salah satu pengusaha UMKM di Desa Banjarwangi. Adanya pandemi covid-19 berdampak pada tingkat penjualan UMKM “Moring” mengalami penurunan.Hasil pemilihan pemasaran online melalui media sosial bisa berkembang secara luas di masyarakat dengan adanya pemasaran melalui media sosial.. Metode yang dilakukan yaitu dengan sosialisasi tentang marketplace terkait pemasaran produk keripik “Moring”. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang di dapatkan adalah pemasaran produk keripik “Moring” yang sudah terjangkau dikalangan masyarakat dengan media sosial melalui Instagram, Facebook, dan Shopee

Article Details

How to Cite
Nisa, K. . . (2022). Pemasaran Produk UMKM Moring di Desa Banjarwangi Melalui Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 107–111. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6245
Section
Articles

References

Aldy Purnomo, Rochmat. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Humaira, Dkk. 2019. Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Koran Sebagai Alat Peningkatan Ekonomi. Jurnal Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat p-ISSN 2442- 3726 e- ISSN

Indraswari SR. 2016. Pengaruh Inovasi Produk Ubi Ungu Terhadap Kualitas Produk Kremes Ubi Ungu Kacang Di Desa Linggajati Kabupaten Kuningan [ Skripsi ]. Bandung (ID). Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Kusumawaty, Yeni. 2018. Pemasaran produk makanan ringan khas riau (kripik nenas dan rengginang ubi kayu) Riau ISSN P: 1412-4807 ISSN O: 2503-4375

Mandasari, DJ . 2015. Strategi pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) Batik magenda tamanan kabupaten Bondoworso jamber , ISSN 1907-9990

Narto & Gatot Basuki HM. 2020. Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Vol 6. No 1. Surabaya