Pemasaran Produk UMKM Moring di Desa Banjarwangi Melalui Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Strategi pemasaran adalah suatu pendekatan pokok yang akan digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu yang mana di dalamnya tercantum keputusan-keputusan pokok mengenai target pasar, penempatan produk di pasar, bauran pemasaran dan tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Makanan ringan atau dikenal dengan sebutan snack food adalah makanan yang dikonsumsi selain atau antara waktu makan utama dalam sehari. Salah satu jenis camilan yang sudah banyak beredar dikalangan masyarakat adalah keripik “Moring” atau cimol kering yang saat ini masih belum banyak dikenal masyarakat dan sedang dikembangkan oleh salah satu pengusaha UMKM di Desa Banjarwangi. Adanya pandemi covid-19 berdampak pada tingkat penjualan UMKM “Moring” mengalami penurunan.Hasil pemilihan pemasaran online melalui media sosial bisa berkembang secara luas di masyarakat dengan adanya pemasaran melalui media sosial.. Metode yang dilakukan yaitu dengan sosialisasi tentang marketplace terkait pemasaran produk keripik “Moring”. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang di dapatkan adalah pemasaran produk keripik “Moring” yang sudah terjangkau dikalangan masyarakat dengan media sosial melalui Instagram, Facebook, dan Shopee
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aldy Purnomo, Rochmat. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.
Humaira, Dkk. 2019. Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Koran Sebagai Alat Peningkatan Ekonomi. Jurnal Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat p-ISSN 2442- 3726 e- ISSN
Indraswari SR. 2016. Pengaruh Inovasi Produk Ubi Ungu Terhadap Kualitas Produk Kremes Ubi Ungu Kacang Di Desa Linggajati Kabupaten Kuningan [ Skripsi ]. Bandung (ID). Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Kusumawaty, Yeni. 2018. Pemasaran produk makanan ringan khas riau (kripik nenas dan rengginang ubi kayu) Riau ISSN P: 1412-4807 ISSN O: 2503-4375
Mandasari, DJ . 2015. Strategi pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) Batik magenda tamanan kabupaten Bondoworso jamber , ISSN 1907-9990
Narto & Gatot Basuki HM. 2020. Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Vol 6. No 1. Surabaya