Peningkatan Ekonomi Masyarakat Karang Asem Barat Kecamatan Citeureup Melalui Inovasi Produk Olahan Lele Hasil Budidaya Ember

Authors

  • Jihan Nurul Utami Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6244

Keywords:

Ikan Lele, Inovasi Produk, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Ikan lele (Clarias sp) merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar. Ikan lele termasuk  ikan jenis catfish atau kata lain ikan yang memiliki kumis. Ciri dari ikan lele yaitu bentuk tubuh memanjang dan agak bulat, pada sirip dada terdapat duri yang keras dan runcing/tajam (patil), warna tubuh belang dengan kepala pipih dan terdapat kumis serta licin  karena tidak memiliki sisik. Kemudin ikan ini memiliki alat pernafasan tambahan berupa dari modifikasi dari busur insangnya yaitu arborescent. Ikan lele ini memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Kandungan kimia dan zat gizi pada ikan lele adalah lemak, protein, vitamin (BI, B). Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendorong masyarakat menjadi lebih aktif dan kreatif juga produktif apa lagi sedang masa pandemi Covid19 ini, serta terus berinovasi menciptakan sesuatu yang beda terutama mengembangkan produk olahan ikan lele ini menjadi berbagai macam inovasi. Dengan adanya inovasi produk olahan lele ini diharapkan dapat mengubah sedikit demi sedikit perekonomian masyarakat yang ada di Kelurahan Karang Asem Barat khususnya RW 08.

References

Ameka, I. (2013). Manajemen Inovasi. Bandung: Penerbit Andi.

Dwiyono. (2006). Studi Mengenai Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol V, No 3

Porter, M.E. (1993). Keunggulan Bersaing, Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Utami, J. N. . (2022). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Karang Asem Barat Kecamatan Citeureup Melalui Inovasi Produk Olahan Lele Hasil Budidaya Ember. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 153–157. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.6244

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 90 times