Pemanfaatan Potensi Desa dalam Pelatihan Inovasi Produk Keripik Kacang Panjang untuk Meningkatkan Kemandirian Berwirausaha

Main Article Content

Atikah Oktaviani

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat tentang ekonomi Islam melalui kegiatan pelatihan inovasi keripik kacang panjang. Karena potensi sumber daya alam di Kampung Sukaasih sangat besar, namun masyarakat belum bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia. Salah satunya potensi hasil pertanian kacang panjang yang melimpah namun belum optimal dalam mengolahnya. Oleh karena itu, dibutuhkannya sosialisasi kepada masyarakat tentang inovasi produk dan cara pelatihan pembuatan keripik kacang panjang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Kampung Sukaasih, Desa Parungkuda, Kecamatan Parungkufa, Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan adalah partisipasi melalui pelatihan pembuatan produk keripik kacang panjang. Hasil yang diperoleh dari pelatihan inovasi keripik kacang panjang adalah untuk memanfaatkan sumber daya alam Desa Parung Kuda dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, A. (2022). Pemanfaatan Potensi Desa dalam Pelatihan Inovasi Produk Keripik Kacang Panjang untuk Meningkatkan Kemandirian Berwirausaha. LMUJTAMAE: urnal engabdian asyarakat, 2(2), 100–106. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.5578
Section
Articles

References

Curatman, Aang, dkk. 2016. Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika. 18(3).

Kadir, Nuraeni, dkk.2019. Model Pengembangan Usaha Pensuteraan. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Murdani, dkk. 2019. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas. 23(2).

Rangkuti, AR. 2011. Komunikasi Pembangunan dan Mekanisasi Pertanian. Bogor: IPB Pers.

Salidin, D. 2000. Konsep Dasar Ekonomi dan Lembaga Keuangan Islam.Bandung: Linda Karya.

Sartika. 2014. Analisis Tentang Filosofi Perubahan LogoPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Samarinda Dalam Mengkomunikasikan Budaya Perusahaan. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 1 Nomor 2. Pp 82.

Wahid, Aliaras M. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Kewirausahaan Volume 1.Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Yoga. 2004. Berkreasi Membuat Logo Dengan Corel Draw 12. Jakarta: PT. Elex Media.