Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Kelurahan Muarasari
Main Article Content
Abstract
Covid-19 telah memaksa kita untuk meminimalisir kegiatan outdoor. Akibatnya, saat ini lebih banyak orang yang melakukan berbagai aktivitas secara online mulai dari kegiatan belajar, bekerja, berbelanja, dan lain- lain. Sebagai pemilik bisnis, kita harus bisa memanfaatkan kondisi tersebut. Permasalahan dalam pemasaran produk selama masa pandemi ini menjadi inspirasi bagi tim pengabdian untuk memperkenalkan para pelaku UMKM tentang pemanfaatan digital marketing dengan memberikan pelatihan mengenai penggunakan teknologi informasi dan komunikasi dan memberikan pendampingan dalam pemanfaatan digital marketing dengan menggunakan media sosial (sistem digital marketing). Adanya pemahaman pelaku UMKM tentang manfaat digital marketing bagi usaha mereka, diharapkan akan memotivasi untuk memanfaatkan media sosial secara langsung dalam pemasaran produk-produknya. Pengabdian ini menggunakan metode observasi, sosialisasi dan pelatihan, sehingga dibutuhkan metode pelaksanaan yang baik agar tujuan dan target tercapai dengan tepat sasaran. Kegitan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan peserta dalam memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran produk, sehingga memberikan peluang untuk memper luas pasar produk yang dapat berimbas pada peningkatan omset usaha. Penggunaan internet memang dirasa membantu UMKM ini untuk menjalankan usaha, terutama di masa pandemi. Namun menurut survei yang dilakukan Katadata, Indeks Kesiapan Digital ini menunjukkan bahwa generasi yang semakin tua memiliki indeks kesiapan digital yang lebih rendah dibandingkan dengan generasi yang lebih muda. UMKM seringkali mengalami kendala dalam menjalankan usaha menggunakan teknologi digital. Salah satu masalah utama bagi UMKM adalah konsumen yang belum mampu menggunakan internet, serta kurangnya pengetahuan untuk menjalankan usaha secara online.Pengabdian pada masyarakat berupa sosialisasi dan pelatihan digital m arketing sebagai sarana pemasaran produk sangat perlu karena perkembangan era teknologi yang menuntut para pelaku usaha untuk bersaing secara global dengan sistem digital marketing.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Catrina, E. (2021). 5 E-ecommerce Yang Paling Banyak Dikunjungi Di Indonesia. Diakses pada Febuari 24, 2021. Dari Https://Apple.Co/3hxwj0l2440626/5-E-ecommerce- Yang-Paling-Banyak-Dikunjungi-Di-Indonesia?Page=All
Demaz Fauzi Hadi, Kiki Zakiah. (2021). “Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi”. Jurnal Competitive: Vol. 16 No. 1
Dosen Pendidikan. (2021). Digital Marketing. Diakses pada Oktober 10, 2021. dari https://www.dosenpendidikan.co.id/digital-marketing-adalah/
Fajar Septian, Ari Syaripudin, Dimas Abisono Punkastyo, Fajar Agung Nugroho. “Sosialisasi Dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Umkm Dan Pemuda Karang Taruna Cilandak Barat”. Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang: Volume: 2 Nomor: 1
Ismail, I. (2020). Pengertian Logo: Jenis, Fungsi dan Kriteria Logo yang Efektif. Diakses pada November 11, 2020. dari https://accurate.id/marketing- manajemen/pengertian-logo/
Katadata Insight Center (2020). Digitalisasi Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Diakses pada Juni 2020, Dari Https://Katadata.Co.Id/Umkm
Liputan6.Com. (2021). 4,8 Juta Umkm Telah Go Digital Pada Maret 2021. Diakses pada April 28, 2021. Dari Https://Www.Liputan6.Com/Bisnis/Read/4544531/48-Juta-Umkm-Telah-Go-Digital-Pada-Maret-2021
Mohamad Trio Febriyantoro, Debby Arisandi. (2018). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”. Jurnal Manajemen Dewantara: Vol 1 No 2.
Nanda Rahmi, Nikmal Maula, Nanda Nabila Nasti, Haura Adilla, Muhammad Arief Fadhillah, Cut Zean Falla, Muhammad Ilhamsyah Siregar, Nashrillah. (2021). “Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm”. Jurnal Pengabdian Aceh, Volume 1, Nomor 2, Halaman 64–70
Sam'un Jaja Raharja, Sari Usih Natari. (2021). “Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital”. Jurnal Kumawula: Vol. 4, No.1, Hal 108 – 123