Peningkatan Kemandirian UMKM Melalui Pengembangan Digital Marketing dan Pelatihan Keterampilan Usaha

Main Article Content

Agung Kurniawan
Anas Alhifni

Abstract

Kurangnya pengetahuan dan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya melakukan digital marketing dan pembaharuan menjadikan beberapa UMKM kesulitan untuk mengembangkan usaha. Program pengembangan dan pemberdayaan sangat diperlukan guna meningkatkan kemampuan UMKM agar dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan persaingan dunia usaha sehingga UMKM dapat lebih mandiri. Tujuan dari program pengembangan dan pemberdayaan ini adalah untuk meningkatan kemandirian UMKM melalui pengembangan digital marketing produk dan pelatihan keterampilan usaha.Metode yang dilakukan berupa Pendekatan andragogi yakni suatu cara membantu orang dewasa dalam rangka pencapaian tujuan belajar melalui metode sosialisasi dengan cara pendampingan dan pelatihan usaha yang diperlukan UMKM. Pelaku UMKM sudah cukup memiliki pengetahuan dan kesadaran akan perkembangan dunia usaha yaitu perkembangan digital marketing dan penggunaan teknologi digital, namun masih sedikit yang mempraktikannya khususnya dalam hal pemasaran. Dalam usaha meningkatkan kemandirian UMKM tentunya dibutuhkan peran sumber daya manusia untuk membantu mengembangkan potensi yang dimiliki. Pengembangan yang dilakukan berupa peningkatan kreatifitas UMKM dalam mengelola usahanya melalui digital marketing yang dikembangkan dari produk yang sudah ada serta peningkatan keterampilan UMKM melalui pelatihan pemasaran online dan manajemen pengelolaan usaha. Program dijalankan sampai menghasilkan kemasan,pamplet,brand’’SASABI SLOP.ID’’ serta pelaku usaha memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik akan pengelolaan usaha.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A., & Alhifni, A. (2022). Peningkatan Kemandirian UMKM Melalui Pengembangan Digital Marketing dan Pelatihan Keterampilan Usaha. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 201–207. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.5450
Section
Articles

References

Anoraga, Panji. 2007. Pengantar Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta

Hidayati, Dkk. 2018. Pelatihan Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Ukm Di Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2, No.1, Hal.15-20.

Mulyana, Nandang & Ishartono. 2018. Pelatihan Wirausaha Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Desa Sakerta Barat Dan Sakerta Timur Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Penelitian & PPM. Vol. 5, No. 1, Hal. 1 - 110.

Sukirman & Mamik Indaryani. 2014. Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil menuju Kemandirian usaha dengan Menerapkan Manajemen Profesional. Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus.

Sutrasmawati, Endang. 2008. Pengaruh Kompetisi Produk Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol. 15, No.2

Utaminingsih, Adijati. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi dan Manajemen, Vol. 3, No.2, Hal 77-87

Widarti, Dyah Tri. 2011. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Stagen Kabupaten Sragen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.