Peningkatan Kemandirian UMKM Melalui Pengembangan Digital Marketing dan Pelatihan Keterampilan Usaha
Main Article Content
Abstract
Kurangnya pengetahuan dan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya melakukan digital marketing dan pembaharuan menjadikan beberapa UMKM kesulitan untuk mengembangkan usaha. Program pengembangan dan pemberdayaan sangat diperlukan guna meningkatkan kemampuan UMKM agar dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan persaingan dunia usaha sehingga UMKM dapat lebih mandiri. Tujuan dari program pengembangan dan pemberdayaan ini adalah untuk meningkatan kemandirian UMKM melalui pengembangan digital marketing produk dan pelatihan keterampilan usaha.Metode yang dilakukan berupa Pendekatan andragogi yakni suatu cara membantu orang dewasa dalam rangka pencapaian tujuan belajar melalui metode sosialisasi dengan cara pendampingan dan pelatihan usaha yang diperlukan UMKM. Pelaku UMKM sudah cukup memiliki pengetahuan dan kesadaran akan perkembangan dunia usaha yaitu perkembangan digital marketing dan penggunaan teknologi digital, namun masih sedikit yang mempraktikannya khususnya dalam hal pemasaran. Dalam usaha meningkatkan kemandirian UMKM tentunya dibutuhkan peran sumber daya manusia untuk membantu mengembangkan potensi yang dimiliki. Pengembangan yang dilakukan berupa peningkatan kreatifitas UMKM dalam mengelola usahanya melalui digital marketing yang dikembangkan dari produk yang sudah ada serta peningkatan keterampilan UMKM melalui pelatihan pemasaran online dan manajemen pengelolaan usaha. Program dijalankan sampai menghasilkan kemasan,pamplet,brand’’SASABI SLOP.ID’’ serta pelaku usaha memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik akan pengelolaan usaha.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anoraga, Panji. 2007. Pengantar Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta
Hidayati, Dkk. 2018. Pelatihan Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Ukm Di Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2, No.1, Hal.15-20.
Mulyana, Nandang & Ishartono. 2018. Pelatihan Wirausaha Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Desa Sakerta Barat Dan Sakerta Timur Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Penelitian & PPM. Vol. 5, No. 1, Hal. 1 - 110.
Sukirman & Mamik Indaryani. 2014. Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil menuju Kemandirian usaha dengan Menerapkan Manajemen Profesional. Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus.
Sutrasmawati, Endang. 2008. Pengaruh Kompetisi Produk Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol. 15, No.2
Utaminingsih, Adijati. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi dan Manajemen, Vol. 3, No.2, Hal 77-87
Widarti, Dyah Tri. 2011. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Stagen Kabupaten Sragen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.