Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku UMKM Madu Lebah Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Di Desa Bojong Murni Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor

Main Article Content

Siti Halimah

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai manajemen keuangan usaha dan mampu membuat pembukuan sendiri dengan baik dalam melakukan pencatatan keuangan, sehingga pelaku usaha dapat mengukur pengeluaran, pendapatan, aliran kas, biaya variabel, neraca saldo bagi pelaku usaha madu lebah di Desa Bojong Murni kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Hasil dari kegiatan yang diperoleh dalam pelatihan pembukuan sederhana bagi usaha Madu Lebah di Desa Bojong Murni adalah para pengusaha mendapatkan pengetahuan dan kemampuan dalam memgelola keuangan usaha dengan baik. Dari kegiatan pengabdian ini dihasilkan tambahan pemahaman dan wawasan tentang cara mengelola pembukuan usaha dengan baik dan benar. Kegiatan pengabdian dapat direspon dengan baik dari pelaku usaha madu lebah yang mendapatkan pengetahuan dan keterampialan dalam mengenai wawasan baru dalam menjalnankan usahanya melalui pembukuan atau pencatatan keuangan sederhana yang mudah diaplikasikan.

Article Details

How to Cite
Halimah, S. (2022). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku UMKM Madu Lebah Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Di Desa Bojong Murni Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 196–200. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.5446
Section
Articles

References

Hapsari, D.P, Dan Hasanah A.N. (2017). Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akuntasi, 4 (2), 36.

Hasyim, Diana. 2013. Kualitas Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm)(Studi Kasus Pada Distribution Store (Distro) Di Kota Medan) Jurnal Jupiis Vol 5 No 2.

Subur, Rahmad Santoso dan Hasyim Muhammad. (2014). Pelatihan Manajemen Keuangan pada pelaku Usaha Toko Kelontongan Dusun Puluhan Desa Banyusidi Pakis Magelang Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3 (2), 139.