Sosialisasi Inisiasi Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Di Desa Bojong Murni Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor

Main Article Content

Syidiq Saifussalam

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang BMT (Baitul Mal wal Tamwil) untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa mengenai keuangan syariah. Sasaran utama dari kegiatan sosialisasi inisiasi BMT ini adalah anggota masyarakat Desa Bojong Murni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sharing session oleh mahasiswa yang sedang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam dua tahap yaitu, presentasi dan diskusi. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan bahwa peserta sangat antusias mendengarkan materi sosialisasi dan berperan aktif saat proses tanya jawab mengenai pentingnya literasi masyarakat terhadap dunia lembaga keuangan syariah untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Bojong Murni. Setelah diadakan kegiatan sosialisasi inisiasi BMT ini, masyarakat Desa Bojong Murni mendapatkan pengetahuan baru mengenai BMT (Baitul Mal wal Tamwil) atau koperasi syariah, serta mengenai keuangan syariah yang dapat menjadi alternatif dalam manajemen keuangan di lembaga keuangan desa.

Article Details

How to Cite
Saifussalam, S. (2022). Sosialisasi Inisiasi Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Di Desa Bojong Murni Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 241–244. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.5434
Section
Articles

References

Andini, Umi Masta. 2018. Pengaruh Biaya Administrasi, Bonus Lebaran, dan Layanan Jemput Bola terhadap Minat Nasabah Memilih ProdukSi Fitri pada BMT Harapan Ummat Sidoarjo. Skripsi diterbitkan. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ayogi, Visita Dwi dan Kurnia, Tuti. 2015. Optimalisasi Peran BMT dalam Upaya Penghapusan Praktik Renenir. Jurnal Syarikah.

Hambali MY. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Keuangan Masyarakat Sekitar Pondok Pesantren di Kecamatan Cibitung Bekasi [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Nopiah R. 2017. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Pedagang Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.