Peningkatan Kesadaran Masyarakat Desa Tamansari Dalam Menunaikan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf (ZISWAF) Melalui Sosialisasi dan Gerakan Shodaqoh Seikhlasnya (GSS)

Main Article Content

Siti Nurfatimah

Abstract

Untuk memberikan dampak baik dalam upaya memberdayakan dan mensejahterakan umat manusia, khususnya umat Islam. Maka, Islam memberikan kewajiban dan anjuran untuk membayar zakat, infak, shadaqah dan wakaf (ZISWAF). Kurangnya kesadaran masyarakat akan menunaikan ZISWAF menjadi pembahasan yang menarik serta menjadi tugas penting untuk mensosialisasikan literasi mengenai peningkatan kesadaran masyarakat akan menunaikan ZISWAF. Pelaksanaan peningkatan kesadaran masyarakat Desa Tamansari dalam menunaikan ZISWAF ini dilakukan melalui sosialisasi metode Pendidikan Masyarakat (Popular Education) dengan menyampaikan materi mengenai ZISWAF. Serta dilakukan Gerakan Shodaqoh Seikhlasnya sebagai upaya implementasi dan evaluasi. Hasil kegiatan sosialisasi penyampaian materi-materi pengenalan ZISWAF dan pelaksanaan Gerakan Shodaqoh Seikhlasnya (GSS) mendapat respon yang baik dan apresiasi dari pihak setempat. Melalui sistem dan program-program yang terarah dapat dipastikan peningkatan kesadaran masyarakat Desa Tamansari dalam menunaikan ZISWAF akan cepat meningkat.

Article Details

How to Cite
Nurfatimah, S. (2022). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Desa Tamansari Dalam Menunaikan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf (ZISWAF) Melalui Sosialisasi dan Gerakan Shodaqoh Seikhlasnya (GSS). ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 191–195. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.5426
Section
Articles

References

Abdad, Zaidi. 2003. Lembaga Perekonomian Ummat di Dunia Islam. Bandung: Angkasa.

Ali, Muhammad Daud. 1988. Sistem Ekonomi Islam, Jakarta: UI Press

Direktorat Pemberdayaan Zakat Depag RI. 2007. Pedoman Pengelolaan Zakat. Jakarta: Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam).

Hafiduddin, Didin. 2002. Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani.

Khasanah, Umrotul. 2010. Manajemen Zakat Modern. Malang: UIN-Maliki Press.

Mubyarto. 2010. Membangun Sistem Ekonomi Cet III, Yogyakarta: BPFE.

Muchsan, Ali. 2015. Peranan Pemberdayaan Zakat dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Kuwik Kecamatan Kunjang. Inovatif: Volume 1

Setiawati, Agus dan Khairini, Tuti. 2014. Optimalisasi Pengelolaan Zakat, Infaq/ Sedekah Terhadap Proses Kemandirian Masyarakat (Studi Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Swadya Ummah Kota Pekanbaru.

Wijaya, Darsa. Zakat dan Wakaf Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta.