Peningkatan Ekonomi UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing di Desa Tamansari Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor

Main Article Content

Noprizal

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di Desa Tamansari adalah masalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. UMKM di Desa Tamansari memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi sehingga dapat bersaing dengan usaha- usaha baru yang bersifat online. Tujuan dari penulisan paper ini adalah: 1) Mengidentifikasi penggunaan media pemasaran pada UMKM di Desa Tamansari Kecamatan Tamansari 2) Menggambarkan upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM Desa Tamansari Kecamatan Tamansari melalui pelatihan digital marketing. Metode yang digunakan dalam identifikasi penggunaan media pemasaran adalah dengan observasi, wawancara. Metode yang digunakan dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi adalah metode pendidikan masyarakat dan pelatihan. Materi-materi dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM Desa Tamansari melalui pelatihan digital marketing yaitu pelatihan digital marketing menggunakan Instagram dan Shopee. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa banyak UMKM di Desa Tamansari menggunakan teknologi sederhana dalam pemasaran, yaitu didominasi dengan media Whatsapp dan Facebook. Bahkan masih banyak UMKM yang menjalankan usahanya secara offline tanpa bantuan teknologi. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan digital marketing menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang positif, dinilai dapat memberikan wawasan dan ilmu, dan memberikan inspirasi.Hampir seluruh pelaku usaha ingin mempraktekan bisnis online ini dalam pengembangan usahanya.

Article Details

How to Cite
Noprizal. (2022). Peningkatan Ekonomi UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing di Desa Tamansari Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 143–148. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.5423
Section
Articles

References

Alford, P & Page, S.J. (2015). Marketing technology for adoption by small business. The Service Industries Journal, 2015 Vol. 35, Nos. 11–12, 655–669.

Baladraf, M.I.F., Sembodo, G., Hasanah, L.U & Pramono A. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, Februari 2018 Vol 01 No 1

Bird, D. (2007). Commonsense Direct & Digital Marketing. London: Kogan Page.

Cant, M.C & Wiid, J.A (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: a South African Perspective. Problems and Perspectives in Management, Volume 14, Issue 1, 2016

Chaffey, D & Smith, P.R (2008). e-Marketing Excellence : Planning and optimizing our digital marketing. USA: Elsevier.

Gibson, C. (2018). The Most Effective Digital Marketing Strategies & Approaches: A Review of Literature. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 8, Issue 2, February 2018

Kurniawan, A & Asharudin, M (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business Volume 1, Number 2, December 2018

Mulyana, N (2016). Need Assessment Masyarakat Sekitar Kampus Jatinangor. Social Work Jurnal . Vol. 6 Nomor 1

Oktafiyani, F & Rustandi, D (2018). Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, Volume 3, No. 1, 2018, hlm. 1-20

Permana, S.H (2017) Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia . Aspirasi Vol. 8 No. 1, Juni

Rowan, W. (2002) Digital Marketing: Using New Technologies to Get Closer to Your Customers . London: Kogan Page

Ryan, D & Jones, C (2009) Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. London: Kogan Page

Setiawati, I & Widyartati, P (2017) Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Seminar Nasional dan Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No. 20 Tahun 2017

Taiminen, H.M & Karjaluoto, H (2014). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development Vol. 22 No. 4, 2015 pp. 633-651