Peningkatan Ekonomi UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing di Desa Tamansari Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor
Main Article Content
Abstract
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di Desa Tamansari adalah masalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. UMKM di Desa Tamansari memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi sehingga dapat bersaing dengan usaha- usaha baru yang bersifat online. Tujuan dari penulisan paper ini adalah: 1) Mengidentifikasi penggunaan media pemasaran pada UMKM di Desa Tamansari Kecamatan Tamansari 2) Menggambarkan upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM Desa Tamansari Kecamatan Tamansari melalui pelatihan digital marketing. Metode yang digunakan dalam identifikasi penggunaan media pemasaran adalah dengan observasi, wawancara. Metode yang digunakan dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi adalah metode pendidikan masyarakat dan pelatihan. Materi-materi dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM Desa Tamansari melalui pelatihan digital marketing yaitu pelatihan digital marketing menggunakan Instagram dan Shopee. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa banyak UMKM di Desa Tamansari menggunakan teknologi sederhana dalam pemasaran, yaitu didominasi dengan media Whatsapp dan Facebook. Bahkan masih banyak UMKM yang menjalankan usahanya secara offline tanpa bantuan teknologi. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan digital marketing menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang positif, dinilai dapat memberikan wawasan dan ilmu, dan memberikan inspirasi.Hampir seluruh pelaku usaha ingin mempraktekan bisnis online ini dalam pengembangan usahanya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alford, P & Page, S.J. (2015). Marketing technology for adoption by small business. The Service Industries Journal, 2015 Vol. 35, Nos. 11–12, 655–669.
Baladraf, M.I.F., Sembodo, G., Hasanah, L.U & Pramono A. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, Februari 2018 Vol 01 No 1
Bird, D. (2007). Commonsense Direct & Digital Marketing. London: Kogan Page.
Cant, M.C & Wiid, J.A (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: a South African Perspective. Problems and Perspectives in Management, Volume 14, Issue 1, 2016
Chaffey, D & Smith, P.R (2008). e-Marketing Excellence : Planning and optimizing our digital marketing. USA: Elsevier.
Gibson, C. (2018). The Most Effective Digital Marketing Strategies & Approaches: A Review of Literature. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 8, Issue 2, February 2018
Kurniawan, A & Asharudin, M (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business Volume 1, Number 2, December 2018
Mulyana, N (2016). Need Assessment Masyarakat Sekitar Kampus Jatinangor. Social Work Jurnal . Vol. 6 Nomor 1
Oktafiyani, F & Rustandi, D (2018). Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, Volume 3, No. 1, 2018, hlm. 1-20
Permana, S.H (2017) Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia . Aspirasi Vol. 8 No. 1, Juni
Rowan, W. (2002) Digital Marketing: Using New Technologies to Get Closer to Your Customers . London: Kogan Page
Ryan, D & Jones, C (2009) Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. London: Kogan Page
Setiawati, I & Widyartati, P (2017) Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Seminar Nasional dan Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No. 20 Tahun 2017
Taiminen, H.M & Karjaluoto, H (2014). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development Vol. 22 No. 4, 2015 pp. 633-651