Pemberdayaan Ekonomi Melalui Inovasi Bisnis Kopi Bumdes Jaya Laksana Di Desa Wates Jaya
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pentingnya inovasi kemasan, dalam mengemas produk agar lebih menarik dan melindungi produk dengan baik, serta menggunakan kemasan sesuai jenis produk. Program ini dilakukan dengan metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada UMKM di Desa Wates Jaya yaitu Kopi BUMDES Jaya Laksana. Potensi yang dimiliki produk Kopi BUMDES Jaya Laksana sudah ada. Tapi dalam inovasi masih kurang bagus, seperti kemasan masih sangat sederhana dan kurang menarik, dan wawasan UMKM tentang pentingnya kemasan bagi suatu produk masih cukup rendah dan harga jual produk yang terlalu murah dibandingkan dengan harga pasar. Studi ini berfokus pada teknik pengemasan untuk mendukung kegiatan penjualan. Aspek lain seperti kapasitas sumber daya manusia, kemampuan manajerial, atau teknik distribusi produk bukanlah objek dari studi penelitian ini. Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya, memantau alih inovasi kemasan yang diterapkan oleh mitra, namun dalam program ini monitoringnya dilakukan agar mitra dapat meningkatkan harga jual produk setelah pengalihan inovasi kemasan dilakukan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Mukhtar, Syukrianti dan Nurif, Muchammad. (2015). “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen”. Jurnal Sosial Humaniora 8(2).
Lestari, Endah Rahayu. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Edisi Pertama. Malang: Ub Press.
Sa’diah F, Sanaji. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Kemasan Produk Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Produk Shampoo Sariayu Hijab: (Studi Pada Konsumen di Wilayah Surabaya Selatan). Jurnal Ilmu Manajemen 5(10), 1-8.
Sigit, Haris Triono dan Muttaqien, Zaenal. (2020). “Peningkatan Pengetahuan Inovasi dalam Proses Produksi dan Pemasaran bagi Pelaku Usaha Kuliner Serabi di Desa Panyaungan Jaya Kecamatan Ciomas”. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Susetyarsi TH. (2012). Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang 4 (3) : 19-28.
Wahyudi S. (2019). Teori Inovasi: Sebuah Tinjauan Pustaka. Valuta 5(20): 93-101.