Pemberdayaan Ekonomi Melalui Inovasi Bisnis Kopi Bumdes Jaya Laksana Di Desa Wates Jaya

Main Article Content

Siti Hajar Rohaenah
Sukma Wahyu Wijayanti
Wildan Munawar
Stefani Nawati Ekoresti
Arina Rubyasih
Muhamad Komarudin

Abstract

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pentingnya inovasi kemasan, dalam mengemas produk agar lebih menarik dan melindungi produk dengan baik, serta menggunakan kemasan sesuai jenis produk. Program ini dilakukan dengan metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada UMKM di Desa Wates Jaya yaitu Kopi BUMDES Jaya Laksana. Potensi yang dimiliki produk Kopi BUMDES Jaya Laksana sudah ada. Tapi dalam inovasi masih kurang bagus, seperti kemasan masih sangat sederhana dan kurang menarik, dan wawasan UMKM tentang pentingnya kemasan bagi suatu produk masih cukup rendah dan harga jual produk yang terlalu murah dibandingkan dengan harga pasar. Studi ini berfokus pada teknik pengemasan untuk mendukung kegiatan penjualan. Aspek lain seperti kapasitas sumber daya manusia, kemampuan manajerial, atau teknik distribusi produk bukanlah objek dari studi penelitian ini. Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya, memantau alih inovasi kemasan  yang diterapkan oleh mitra, namun dalam program ini monitoringnya dilakukan agar mitra dapat meningkatkan harga jual produk setelah pengalihan inovasi kemasan dilakukan.

Article Details

How to Cite
Rohaenah, S. H. ., Wijayanti, S. W. ., Munawar, W. ., Ekoresti, S. N. ., Rubyasih, A. ., & Komarudin, M. . (2023). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Inovasi Bisnis Kopi Bumdes Jaya Laksana Di Desa Wates Jaya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 93–98. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.5421
Section
Articles

References

Mukhtar, Syukrianti dan Nurif, Muchammad. (2015). “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen”. Jurnal Sosial Humaniora 8(2).

Lestari, Endah Rahayu. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Edisi Pertama. Malang: Ub Press.

Sa’diah F, Sanaji. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Kemasan Produk Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Produk Shampoo Sariayu Hijab: (Studi Pada Konsumen di Wilayah Surabaya Selatan). Jurnal Ilmu Manajemen 5(10), 1-8.

Sigit, Haris Triono dan Muttaqien, Zaenal. (2020). “Peningkatan Pengetahuan Inovasi dalam Proses Produksi dan Pemasaran bagi Pelaku Usaha Kuliner Serabi di Desa Panyaungan Jaya Kecamatan Ciomas”. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Susetyarsi TH. (2012). Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang 4 (3) : 19-28.

Wahyudi S. (2019). Teori Inovasi: Sebuah Tinjauan Pustaka. Valuta 5(20): 93-101.