Pendampingan Kemitraan Pada UMK Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Produk Madu

Main Article Content

Resha Hardhiyanti

Abstract

Tujuan dari program ini adalah untuk membantu masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kelompok tani hutan (KTH) Sadar tani muda dalam mengoptomalkan pemasaran yang dilakukan baik secara langsung maupun melaui digital marketing, agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kelompok tani hutan (KTH) Sadar tani muda dapat lebih berkembang dan menjadi usaha yang bermanfaat bagi alam dan juga lingkungan sekitar. Metodologi yang dilakukan dalam program ini dilaksanakan melalui program kuliah kerja nyata pada masyarakat dengan program utama yang dilakukan yaitu pendampingan kemitraan pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah, adapun metode yang digunakan adalah melakukan sosialisasi mengenai kemitraan, melakukan pengoptimalan digital marketing di shopee dan memfasiliatasi bermitra dengan pelaku usaha lainnya. Karena adanya keterbatasan dalam penjualan produk yang selama ini dijual hanya secara langsung ataupun di social media dengan skala kecil, maka melalui program pendampingan kemitraaan ini dilakukan pemasaran tidak hanya secara langsung akan tetapi secara digital marketing melalui e-commerce contohnya seperti Shopee agar cakupan dalam pemasaran semakin meningkat, selain melakukan pesamaran melului digital marketing dalam program pendampingan kemitraan juga kelompok tani hutan (KTH) Sadar tani muda dapat bermitra dengan pelaku usaha lainnya agar bersinergi untuk mencapai tujuan bersama, maka hasil dengan dilakukannya pemasaran secara digital marketing dan bermitra dengan pelaku usaha lainnya maka dapat memperluas cakupan masyarakat untuk mengetahui kelompok tani hutan (KTH) sadar tani muda dengan produk madu sebagai produk unggulannya.

Article Details

How to Cite
Hardhiyanti, R. (2022). Pendampingan Kemitraan Pada UMK Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Produk Madu. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 139–142. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.5420
Section
Articles

References

Alam, AS. & Hermawan, H. (2017) “Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan kemitraan antara petani budidaya jamur tiram dengan CV. Asa Agro Corporation”. Journal Agroscience, 7(1)

Hayati, BN. & Suparjan (2017) “Kemitraan Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program CSR Batik Cap Pewarna Alami Di Pt. Semen Gresik Pabrik Tuban” Jurnal Sosiologi USK, 11(1)

Saparudin & Bado (2011). Pengaruh Kemitraan Usaha Terhadap Kinerja Usaha Pada Usaha Kecil Menengah (UKM dna Koperasi) di Kabupaten Jeni Ponnto Sulawesi Selatan Jurnal Ekonomi Since Volume IV No, 2 Agustus 2011

Suriati, NN., Dewi, RK., Sawitri, W. (2015) “Pola kemitraan antara petani Heliconia dengan sekarbumi farm desa kaerta kecamatan payangan kabupaten gianyar”. Jurnal Agribisnis dan agrowisata, 4(4)