Pendampingan Kemitraan Pada UMK Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Produk Madu
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari program ini adalah untuk membantu masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kelompok tani hutan (KTH) Sadar tani muda dalam mengoptomalkan pemasaran yang dilakukan baik secara langsung maupun melaui digital marketing, agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kelompok tani hutan (KTH) Sadar tani muda dapat lebih berkembang dan menjadi usaha yang bermanfaat bagi alam dan juga lingkungan sekitar. Metodologi yang dilakukan dalam program ini dilaksanakan melalui program kuliah kerja nyata pada masyarakat dengan program utama yang dilakukan yaitu pendampingan kemitraan pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah, adapun metode yang digunakan adalah melakukan sosialisasi mengenai kemitraan, melakukan pengoptimalan digital marketing di shopee dan memfasiliatasi bermitra dengan pelaku usaha lainnya. Karena adanya keterbatasan dalam penjualan produk yang selama ini dijual hanya secara langsung ataupun di social media dengan skala kecil, maka melalui program pendampingan kemitraaan ini dilakukan pemasaran tidak hanya secara langsung akan tetapi secara digital marketing melalui e-commerce contohnya seperti Shopee agar cakupan dalam pemasaran semakin meningkat, selain melakukan pesamaran melului digital marketing dalam program pendampingan kemitraan juga kelompok tani hutan (KTH) Sadar tani muda dapat bermitra dengan pelaku usaha lainnya agar bersinergi untuk mencapai tujuan bersama, maka hasil dengan dilakukannya pemasaran secara digital marketing dan bermitra dengan pelaku usaha lainnya maka dapat memperluas cakupan masyarakat untuk mengetahui kelompok tani hutan (KTH) sadar tani muda dengan produk madu sebagai produk unggulannya.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alam, AS. & Hermawan, H. (2017) “Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan kemitraan antara petani budidaya jamur tiram dengan CV. Asa Agro Corporation”. Journal Agroscience, 7(1)
Hayati, BN. & Suparjan (2017) “Kemitraan Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program CSR Batik Cap Pewarna Alami Di Pt. Semen Gresik Pabrik Tuban” Jurnal Sosiologi USK, 11(1)
Saparudin & Bado (2011). Pengaruh Kemitraan Usaha Terhadap Kinerja Usaha Pada Usaha Kecil Menengah (UKM dna Koperasi) di Kabupaten Jeni Ponnto Sulawesi Selatan Jurnal Ekonomi Since Volume IV No, 2 Agustus 2011
Suriati, NN., Dewi, RK., Sawitri, W. (2015) “Pola kemitraan antara petani Heliconia dengan sekarbumi farm desa kaerta kecamatan payangan kabupaten gianyar”. Jurnal Agribisnis dan agrowisata, 4(4)