Efektivitas Peningkatan Pemahaman Masyarakat Melalui Optimalisasi ZISWAF Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor

Main Article Content

Wilda Kholipah
R Ali Pangestu

Abstract

Permasalahan mengenai kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya praktik zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) menjadikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berbasis masjid kesulitan untuk mengelolanya. Program efektivitas peningkatan pemahaman masyarakat melalui optimalisasi zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) sangat diperlukan guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam mengimplementasikan praktik zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) sesuai dengan landasan hukum syariah. Tujuan dari program efektivitas peningkatan pemahaman masyarakat melalui optimalisasi zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) ini adalah untuk meningkatan pemahaman masyarakat mengenai konsep dan ruang lingkup zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) dan pembiasaan diri dalam melakukan praktik zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) sesuai dengan syarat dan rukunnya. Metode yang dilakukan berupa melalui metode sosialisasi dengan cara edukasi dan diskusi yang diperlukan masyarakat serta metode praktik dalam mengimplementasikan zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF). Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berbasis masjid dalam pengembangan tentunya dibutuhkan peran sumber daya manusia untuk membantu mengembangkan dan mengelola dana zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF). Pengembangan yang dilakukan berupa peningkatan edukasi dan diskusi melalui sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) bagi kesejahteraan masyarakat melalui edukasi dan diskusi, selain itu juga dalam pengembangan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berbasis masjid dilakukan praktik dalam pengimplementasian zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF). Program dijalankan sampai meningkatkan pemahaman masyarakat dan pembiasan diri dalam implementasi zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWAF) sesuai dengan landasan hukum syariah.

Article Details

How to Cite
Kholipah, W., & Pangestu, R. A. . (2022). Efektivitas Peningkatan Pemahaman Masyarakat Melalui Optimalisasi ZISWAF Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 112–118. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i2.5419
Section
Articles

References

Al Asy’ari, Asadullah. 2018. Peningkatan Sikap Dermawan Dalam Presfektif Imam Al Ghazali. Skripsi Fakultas Ushuluddin Dan Humaniora UIN Walisongo Semarang.

Barokah, Siti. 2016. Penanaman Karakter Kedermawanan Melalui Kegiatan Infaq Dan Sedekah Madrasah Aliyah Plus Nururrohmah Tambaksari Kuwarasan Kebumen. Skripsi Pendidikan IAIN Purwokerto.

Khanifa, Nurma Khusna. 2018. Penguatan Peran Ziswaf dalam Menyongsong Era SDGs Kajian Filantropi BMT Tamzis Wonosobo. Jurnal Studi Islam Vol. 13 No. 2.

Syafiq, Ahmad. 2018. Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah Dan Wakaf (ZISWAF). Jurnal Zakat dan Wakaf Vol 5, No. 2.

https://bmtalfadinar.com/peran-ziswaf-di-masa-pandemi/ (diakses pada tanggal 15 November 2021)