Peningkatan Minat Mengenal Ekonomi Syariah Sejak Dini Melalui Pelatihan Kaligrafi Increase Interest In Getting to Know The Sharia Economic Early on Through Calligraphy Training

Main Article Content

Siti Indriani Utami

Abstract

Keterpurukan dalam bidang ekonomi merupakan akibat dari jauhnya aktivitas perekonomian dengan nilai-nilai Al-Qur’an. Hal ini terlihat dengan masih banyaknya penggunaan sistem riba dalam kehidupan perekonomian, termasuk di desa Cimanggu Satu yang masih terdapat praktik bank-bank keliling. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat setempat mengenai pemahaman ekonomi syariah dalam kehidupan yang dapat mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat dengan meraih kebahagiaan dunia dan akhirat (falah). Oleh sebab itu dibutuhkan pemahaman bagi Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini mengenai ekonomi syariah dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari adanya penyimpangan dalam kegiatan perekonomian agar tujuan falah bisa tercapai.


Kata Kunci: Ekonomi Syariah, riba, Sumber Daya Manusia (SDM)

Article Details

How to Cite
Utami, S. I. (2021). Peningkatan Minat Mengenal Ekonomi Syariah Sejak Dini Melalui Pelatihan Kaligrafi: Increase Interest In Getting to Know The Sharia Economic Early on Through Calligraphy Training. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 158–164. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i3.2938
Section
Articles

References

Aravik, H. 2017. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer. Edisi Pertama. Depok: Kencana

Arifin, Imamul. 2007. Membuka Cakrawala Ekonomi. Bandung: PT Setia Purna Inves

Fauziah, dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study Di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FKIP Unsyiah, Volume Nomor. Pp 31.

Fadhil, M. dkk. 2017. Model Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Agroindustri Kopi Gayo dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Teknologi, Volume 16 Nomor 2. Pp 152.

Hafidhuddin, Didin. 2003. Islam Aplikatif. Jakarta: Gema Insani Press

Hadi, Muhammad. 2019. Paradigma Masterpiece Keuangan Islam dan Aplikasinya Di Perbankan Syariah. Yogyakarta: Deepublish

Idris, Amiruddin. 2016. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish

Juliandi, A dkk. 2019. Studi Perilaku Konsumen Perbankan Syariah. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI

Purnaya, I Gusti K. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi

Soetomo.2012.Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tim Cahaya, N. 2019. Revolusi Ala Salaf. Edisi 179. Pasuruan: Yayasan Suniyah Salafiyah