Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Increased Public Knowledge About Role Of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Main Article Content

Nur Izzatish Sholichah

Abstract

Ditinjau dari agama yang dianut masyarakat Desa Padamulya adalah mayoritas beragama Islam. Dan banyaknya rentenir yang memanfaatkan ketidaktahuan pemilik usaha yang terkendala dengan permodalan untuk menjadi nasabah. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu permasalahan yang ada di masyarakat. Metode yang dilakukan adalah dengan metode partisipasi aktif yaitu pendekatan langsung kepada masyarakat melalui  sosialisasi dan penyampaian materi tentang pengenalan Lembaga Keuangan Mikro Syariah dan Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Setelah dilakukan sosialisasi respon yang diberikan masyarakat saat dilaksanakan sosialisasi sangat baik dengan ikut berpartisipasi menghadiri dalam kegiatan sosialisasi dan aktif dalam sesi tanya jawab, juga masyarakat lebih mengetahui Ekonomi Syariah dan Lembaga Keuangan Mikro Syariah.


Kata kunci: Baitul Maal Wat Tamwil, Ekonomi Syariah, LKMS, Sosialisasi

Article Details

How to Cite
Sholichah, N. I. (2021). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT): Increased Public Knowledge About Role Of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 100–104. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i2.2930
Section
Articles

References

Hidayah, A. N., & Kartini, I. A. (2016). Peranan Bank dalam Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat tentang Kemanfaatan Produk dan Jasa Perbankan Syariah. Jurnal Kosmik Hukum, Vol. 16 No. 1, Pp. 75
Kusmanto, Y. T. (2014). Pengembangan Ekonomi Islam Berbasis Kependudukan di Perdesaan. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 34 No. 2, Pp. 232.
Paramita, M., Muhlisin, H., & Palawa , I. (2017). Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal di Desa Kabandungan Kabupaten Sukabumi. Laporan Akhir Ipteks Bagi Masyarakat (IbM)