Inovasi Pengolahan Keripik Daun Pepaya Guna Meningkatkan Pendapatan Masyarakat
Papaya Leaf Chips Processing Innovation In Order to Increase People’s Income
DOI:
https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i2.2929Abstract
Sumber Daya Alam yang dihasilkan di Desa Padamulya sangat melimpah tetapi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga perlu adanya pendampingan kepada masyarakat untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan daun pepaya menjadi inovasi produk yang memiliki nilai jual tinggi. Metode pelaksanaan yang dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan ekonomi masyarakat dengan membentuk kelompok usaha bersama untuk mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada di Desa Padamulya terutama tanaman pepaya. Dalam pengolahan produk daun pepaya ini penulis membuat inovasi produk keripik daun pepaya. Hasil yang didapatkan adalah terbentuknya kelompok usaha bersama dan pengembangan inovasi produk olahan daun pepaya menjadi lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
Kata kunci: Inovasi Produk, Keripik Daun Pepaya, Pendapatan Masyarakat
References
Afiff, Faisal. 2012. Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif. Artikel. Universitas Bina Nusantara : Jakarta
Femy. 2014. Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah II Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. Vol 1 No 1.
Hartini, Sri. 2012. Peran Inovasi Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vil 14 No 1.
Djayadiningrat, Ainda, Fauziyyah. 2017. Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran IMK Sektor Industri Makanan Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol 6 No 9.
Irawan, B, R. 2015. Dampak Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal AROGA. Vol 3 No 1.
Kurniawati, Dwi, Pratiwi. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Ekonomi. Jurnal Administrasi publik. Vol 1 No 4.
Tawas, H, N. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBA.Vol 2 No 3.
Kusmanto, Y. T. (2014). Pengembangan Ekonomi Islam Berbasis Kependudukan di Perdesaan. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 34 No. 2, Pp. 232.
Aldy Purnomo, Rochmat. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 ALMUJTAMAE
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.