Peningkatan Nilai Jual Usaha Masyarakat Desa Padamulya Melalui Pemanfaatan Cabai Hijau Untuk Variasi Olahan Produk Rangginang Increasing The Sale Value of The Padamulya Village Community Business Through The Use of Green Chili For The Varieti of Processed Non-Sticky Products

Main Article Content

Putri Wahidah

Abstract

Sumber Daya Alam yang dihasilkan Desa Padamulya sangat melimpah, akan tetapi sumber daya alam yang dimiliki Desa Padamulya belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakatnya, sehingga perlu adanya bimbingan atau pendampingan kepada masyarakat untuk memanfaatkan potensi yang ada di Desa Padamulya. Salah satunya dengan memanfaatkan produk olahan cabai hijau yang dibuat menjadi sebuah cemilan dengan harga nilai jual tinggi. Metode yang dilakukan adalah dengan sosialisasi dan pembuatan inovasi produk olahan cabai hijau. Dalam pengolahan produk olahan cabai hijau ini penulis membuat rangginang variasi cabai hijau yang merupakan makanan cemilan enak dan pedas. Setelah dilaksanakan program ini hasil yang didapatkan adalah pengembangan produk olahan pepaya lebih kreatif dan inovatif serta masyarakat sekitar lebih memahami cara memanfaatkan sebuah potensi yang ada di sekitar desa padamulya.


Kata Kunci: Cabai Hijau, Inovasi, Pendapatan Masyarakat

Article Details

How to Cite
Wahidah, P. (2021). Peningkatan Nilai Jual Usaha Masyarakat Desa Padamulya Melalui Pemanfaatan Cabai Hijau Untuk Variasi Olahan Produk Rangginang: Increasing The Sale Value of The Padamulya Village Community Business Through The Use of Green Chili For The Varieti of Processed Non-Sticky Products. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–77. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i2.2920
Section
Articles

References

Qadariyah, L., & Permata , A. R. (2010). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Perekonomian Indonesia
Sarwonono, J. (t.thn.). Pengabdian Kepada Masyarakat: Konsep dan Pelaksanaanya. Jurnal Pengabdian Masyarkat, 1.
Rusydianan, A., & Antonio, M. S. (2016). Peranan Ekonomi Syariah dalam Pembangunan Daerah.
Nasrullah, A. (2017). Upaya Peningkatan Partispasi Masyarakat Dalam Penggunaan Produk Dan


Jasa Lemabga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Sebagai Salah Satu Pilar Sistem Keuangan Nasional.
Salam, A. N., Rahmania, H. P., & Fauziyyah, N. E. (2014). Model Optimalisasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Dalam Rangka Pengembangan Dan Pemberdayaan Wilayah Pedesaan.
Titik Suryani ,( 2001 ), “Pengembangan Budaya Orientasi Pasar Sebagai Sumber
Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan” Vol. 4 Juni.
Aang Curatman Rahmadi,& Soesanty Maulany. (2016). Analisis Faktor-Faktor
Pengaruh Inovasi Prodak Yang Berdampak PadaKeunggulan Bersaing
UKM Makanan Dan Minuman Diwilayah Harjamukti Kota Cirebon. Vol XVIII, No 3.
Buchari, A., 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Alfabeta, Bandung
Kotler, Philip., dan Gary Armstrong.,2012, Dasar-Dasar Pemasaran, edidi kesembilan. Jilid 2, dialih bahasakan oleh, Alexander Sandoro. Jakarta: Indexs
Hamali, Sambudi. (2016) . Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Pada Industri Kecil Pakaian Jadi Kota Bandung.
Hartini, Sri. 2012. Peran inovasi: pengembangan kualitas produk dan kinerja bisnis. Jurnal manajemen dan kewirausahaan. 14(1) : 63-
90
Prasetyo, A. (2018). Potensi Peningkatan Produktivitas Kewirausahaan Berbasis
Model Penguatan Teknopreneur pada Hasil Inovasi Kota Magelang.