Pendampingan Produksi UMKM Dalam Meningkatkan Usaha Sale Pisang Di Desa Padamulya

Main Article Content

Asri Seftianti
Imam Abdul Aziz

Abstract

Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah mengulas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Padamulya. Adapun tujuan adalah untuk memberikan saran dalam pemasaran agar meningkat omset penjualan, menambah atau memberikan solusi untuk varian rasa dari produk, dan memberikan saran ketika pemilik usaha sedang membutuhkan dana atau modal. Sedangkan manfaat bagi pemilik usaha untuk jangka panjang adalah memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM, sehingga mempermudah pemilik UMKM dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan kinerja UMKM. Selain itu, lebih meningkatkan pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan kinerja UMKM.


Kata Kunci: Ekonomi Syariah, Inovasi, Manajemen keuangan, Pendampingan

Article Details

How to Cite
Seftianti, A., & Imam Abdul Aziz. (2021). Pendampingan Produksi UMKM Dalam Meningkatkan Usaha Sale Pisang Di Desa Padamulya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i1.2908
Section
Articles

References

Ameilia Limijaya, S. M. (2017). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Dan Optimalisasi Potensi Desa Cibuluh. Hibah Pengabdian Bagi Pembangunan Masyarkat, 12.
Astutie, Y. P. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Kabupaten Brebes . Prosiding Snapp2016 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora , 1-4.
Baridwan, M. Z. (2019). Peran Pendampingan Dalam Mendorong Perkembangan Usaha Anggota Bmt. Universitas Islam Negeri Jakarta, 43.
Kurniawan, I. (2017). Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Desa Carang Wulung Wonosalam. Journal Of Community Service, 23-28.
Sedyastuti, K. (Desember 2018 ). Analisis Pemberdayaan Umkm Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global . INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia , 119.
Setiawan, R. (2011). Ibm Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Ukm Carang Mas Di Desa Kucur Malang. Peduli - Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 17.
Subiyantoro, H. (2016). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Kepada Pengusaha Umkm Di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung . J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 31-41.
Suprayitno, :. B. (2007 ). Kritik Terhadap Koperasi (Serta Solusinya) Sebagai Media Pendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) . Jurnal Ekonomi & Pendidikan , 20-21.
Wijayanti, R. R. (2015). Strategi Pemberdayaan Umkm Menghadapi Pasar Bebas Asean . Jurnal Ekonomi, 10.
Yudhitiya Dyah Sukmadewi, S. (2017). Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. UNIVERSITAS SEMARANG, 32.