Pengenalan Ekonomi Syariah dan Gerakan Mari Menabung Pada Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Dina Rahmawati
Andri Brawijaya

Abstract

Program pengenalan ekonomi syariah dan gerakan mari menabung pada siswa sekolah dasar  merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya siswa sekolah dasar mengenai ekonomi syariah di Desa Cimanggu Satu Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Kegiatan ini berbentuk sosisalisasi edukasi yang dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2019 di  SDN Cimanggu 1. Tujuan dari kegiatan ini antara lain (1) siswa-siswi sekolah dasar khususnya di SDN Cimanggu 1 dapat mengenal dan mengetahui ekonomi syariah serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat mengaplikasikannya di keluarga dan lingkungan sekitar, (2) siswa-siswi sekolah dasar dapat termotivasi untuk memahami pentingnya menabung sebagai perencanaan dan persiapan akan masa depan. Ada beberapa langkah yang dilakukan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian ini, yaitu (1) analisis situasi, (2) perancangan kegiatan, dan (3) pengimplementasian kegiatan. Program  ini memberikan dampak kepada siswa siswi sekolah dasar yaitu bertambahnya pengetahuan mengenai ekonomi syariah dan pentingnya menabung.

Kata Kunci : Ekonomi Syariah, Menabung, SDN Cimanggu 1

Article Details

How to Cite
Rahmawati, D., & Andri Brawijaya. (2021). Pengenalan Ekonomi Syariah dan Gerakan Mari Menabung Pada Siswa Sekolah Dasar. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i1.2904
Section
Articles

References

Abdusshamad, Saifullah. 2015. Ayat Tentang Distribusi Serta Relasi Kaum Kaya & Miskin. Al-Jurnal Iqtishadiyah : Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah Volume: II, Nomor II.
Kusmanto, Thohir Yuli. 2014. Pengembangan Ekonomi Islam Berbasis Kependudukan Di Perdesaan. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 34, No.2.
Nordbaus D. William & Samuelson A. Paul. 1993. Mikroekonomi. Edisi Keempatbelas. Erlangga. Jakarta
Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Saefuddin, A M. 1987. Ekonomi Dan Masyarakat Dalam Perspektif Islam. Cetakan I. Jakarta: Rajawali;
Https://Www.Slideshare.Net/Wiku/Pengenalan-Ekonomi-Syariah-Wiku (Diakses Pada Tanggal 18 September 2019)
Http://Keuangansyariah.Mysharing.Co/Ekonomi-Syariah-Harus-Diterapkan-Di-Sekolah-Umum/ (Diakses Pada Tanggal 18 September 2019)
Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Cimanggu_1,_Cibungbulang,_Bogor (Diakses Pada 11 September 2019)
Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Ekonomi_Syariah (Diakses Pada 11 September 2019)