Penguatan Ekosistem UMKM Makanan Ringan Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Laporan Keuangan Sederhana di Desa Nagrak Kabupaten Bogor

Authors

  • Ade Budi Setiawan Universitas Djuanda
  • Maria Magdalena Melani Universitas Djuanda
  • Susy Hambani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.13550

Keywords:

Laporan Keuangan, Pelatihan, UMKM Makanan Ringan

Abstract

UMKM masih memegang peranan penting dalam perbaikan perekonomian Indonesia, baik ditinjau dari segi jumlah usaha, segi penciptaan lapangan kerja, maupun dari segi pertumbuhan ekonomi nasional. Desa Nagrak merupakan salah satu desa di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor yang cukup berkembang sehingga UMKM desa Nagrak juga mengalami pertumbuhan, terutama UMKM produk makanan ringan. Namun UMK makanan ringan di desa Nagrak memiliki beberapa kelemahan terutama kurangnya kemampuan pemilik UMKM dalam mengelola dan membukukan keuangan usaha, pengetahuan yang sangat minim untuk memanfaatkan pemasaran melalui internet atau media sosial dalam memasarkan produknya dan belum memiliki branding. Tujuan pengabdian ini adalah untuk pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam melakukan pengelolaan keuangan dan inovasi produk. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 9 dan 10 Desember 2022. Hari pertama menampilkan narasumber dari tim dosen Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda untuk melakukan transfer pengetahuan dengan topik-topik yang berkaitan dengan pengelolaan usaha dan inovasi produk. Hari berikutnya adalah melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM makanan ringan dengan terjun langsung ke lapangan, untuk tutorial pembuatan laporan/pembukuan keuangan sederhana dan laporan keuangan secara digital dengan menggunakan aplikasi smartphone. Hasil dari kegiatan ini yaitu UMKM memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan dan pelaporan keuangan sederhana dan laporan keuangan secara digital dan pelaku UMKM lebih memahami arti pentingnya inovasi produk dalam menjalankan usahanya.

References

Kurnia, T., Munawar, W., Apriyana, M., Amin, M., Mayarni, N., & Kurniawan, I. (2023). Peningkatan Kapasitas Pengelola BMT dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Bagi Unit Usaha BMT melalui Pelatihan Aplikasi SIMAKU. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(3), 377-384.

Myers, S. A. (2016). Service Sucessful Industrial Inovation. Washington D.C.: National Science.

Padila, N. N., Kurnia, T., Ramandha, A., & Nugraha, A. (2024). Peningkatan Keterampilan UMKM Melalui Branding Produk dan Pendampingan Legalitas Usaha di Desa Tajurhalang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 42-50.

Pratiwi, E. N., & Kurnia, T. (2023). Peningkatan Keterampilan Masyarakat Desa Sukaharja Melalui Inovasi Produk Jahe Telang. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 236-243.

Rianti, R. P., & Amin, M. (2024). Sosialisasi dan Bimbingan Pembuatan NIB Secara Online Di Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 24-30.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Budi Setiawan, A., Melani , M. M., & Hambani, S. (2024). Penguatan Ekosistem UMKM Makanan Ringan Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Laporan Keuangan Sederhana di Desa Nagrak Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 117–125. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.13550

Issue

Section

Articles