Penguatan UMKM Melalui Strategi Branding Dan Labelling Produk Di Desa Citaringgul Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor

Main Article Content

Muhammad Syahrul Rahman
La Ode Amril

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Indonesia. Desa Citaringgul adalah salah satu daerah yang memiliki potensi besar dalam UMKM. Pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan strategi branding dan labelling guna memperkuat UMKM di wilayah tersebut. Metode Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi branding yang sesuai dan meningkatkan proses labelling produk, berhasil meningkatkan visibilitas produk mereka, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, penting bagi pemilik UMKM untuk terus mengembangkan strategi ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan daya saing usaha.

Article Details

How to Cite
Rahman, M. S. ., & Amril, L. O. . (2024). Penguatan UMKM Melalui Strategi Branding Dan Labelling Produk Di Desa Citaringgul Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 51–57. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11692
Section
Articles

References

Framita, D. S., & Maulita, D. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Heryanto, F., Natadjaja, L., & Febriani, R. (t.t.). PERANCANGAN DESAIN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI ABON IKAN ASIN UMK SAYU SEJAHTERA.

Maftuhah, R., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1996

Marinus, Angipora. 2002. DasarDasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putra, A. H. (2018). PERAN UMKM DALAM PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN BLORA. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Setiawati, S. D. (t.t.). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.

Sholicha, N., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2286

Suwendra, I. W. (2018). Mengintip Sarang Iblis Moral. Nilacakra.

Vinatra, S. (t.t.). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JOURNAL OF SCIENTIFIC COMMUNICATION (JSC), 1(1). https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764