Pemanfaatan Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan Sale Pisang di UMKM Kampung Balandongan Desa Sukamaju

Main Article Content

Muhammad Husni Mubaraq
Lise Purnamasari

Abstract

Pemasaran digital merupakan suatu bentuk usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah merek dengan menggunakan media digital seperti internet. Branding bertujuan agar suatu merek dari perusahaan mempunyai perencanan yang matang guna membangun atau memperbesar merek tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan survei, permasalahan terjadi pada UMKM sale pisang di kampung Balandongan belum memiliki pengetahuan tentang branding dan pemasaran digital yang memadai. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu perlunya pemanfaatan pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan sale pisang di kampung Balandongan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemasaran digital para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.  Metode yang dilakukan adalah melalui observasi lapangan, penyuluhan dan sosialisasi secara langsung kepada pelaku UMKM. Penyuluhan ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemasaran digital mulai dari meningkatkan branding melalui pengemasan dan membuat sosial media untuk memasarkan produk dari usaha. Kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut terkait penerapan pemasaran digital dalam branding dan promosi untuk usaha UMKM Sale di kampung Balandongan, agar menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Article Details

How to Cite
Mubaraq, M. H. ., & Purnamasari, L. (2024). Pemanfaatan Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan Sale Pisang di UMKM Kampung Balandongan Desa Sukamaju. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 36–41. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11666
Section
Articles

References

Anonim. (2003). Pisang Sale. Jakarta: Warintek Progression.

Hana Rengganawati, Y. T. (2020).Analisis Pelaksanaan Pemasaran digital pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. JURNAL KOMUNIKASI UNIVERSAL.

Juli Sulaksono, N. Z. (2020). Peranan Pemasaran digital Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa.

Putranto, H. A. (2018). Penerapan Pemasaran digital sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM.

Wijayanti, S. W., Ekoresti, S. N., Rubyasih, A., Komarudin, M., & Munawar, W. (2022). Peningkatan Promosi Usaha Kopi BUMDes Jaya Laksana Melalui Pemanfaatan Media Sosial. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 119-125.