Sosialisasi Gerakan Sadar Berinfak dan Sedekah Bagi Siswa Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sesama

Authors

  • Icha Anggieta Universitas Djuanda
  • Annas Almudzakir Universitas Djuanda
  • Ibrahim Khalil Universitas Djuanda
  • Rizkia Syafia Qalbi Universitas Djuanda
  • Firda Amalia Aziza Universitas Djuanda
  • Siti Salsabillah Universitas Djuanda
  • Muhammad Faqih Khairi Universitas Djuanda
  • Muhammad Hasan Basri Basri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11662

Keywords:

Sosialisasi, Gerakan Sadar Berinfak dan Sedekah, Peduli Terhadap Sesama

Abstract

Gerakan sadar berinfak dan sedekah ini merupakan wadah dalam mewujudkan sikap kepedulian sosial, karakter saling berbagi di lingkungan sekolah MI Darusallam, kecamatan citereup, kabupaten bogor. Adapun metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah melalui pendidikan berupa sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa literasi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sosialisasi dan pengenalan gerakan sadar berinfak dan sedekah memilki peranan penting dalam meningkatkan karakter peduli terhadap sesama bagi siswa. Melalui sosialisasi ini siswa dapat memahami pentingnya berbagi kepada mereka yang membutuhkan, gerakan sadar berinfak dan sedekah menjadi sasaran nyata untuk mengaktualisasikan nilai-nilai empati, kepedulian dan solidaritas.

References

Kusnadi, A.E. 2018. Pengembangan Kepedulian Sosial Warga Negara Melalui Kebijakan Pemerintah Daerah Mengenai Zakat, Infak Dan Shodaqoh. Jurnal Sosioreligi 16(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/S osioReligi/article/view/10685.

Mujieb, M.A., et al. 1994. Kamus Istilah Fiqih. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Sabiq, M.S. 2013. Fiqih Sunnah Jilid 2. Jakarta: Pena Pundi Aksara.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Anggieta, I., Almudzakir, A. ., Khalil, I. ., Qalbi, R. S. ., Aziza, F. A. ., Salsabillah, S. ., Khairi, M. F. ., & Basri, M. H. B. (2024). Sosialisasi Gerakan Sadar Berinfak dan Sedekah Bagi Siswa Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sesama. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 79–82. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11662

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 3 times