Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah

Main Article Content

Rusi Rusmiati Aliyyah
Ujang Ahmad Fahrudin
Shidqie Kurnia Syandi
Parda Silvia Pratama
Rahma Kartika
Adinda Salma Aqilah
Tsania Mahmudah Millenia
Torusma Sihobing
Siti Jenab
Siti Mulyah

Abstract

Seiring berjalannya waktu perkembangan di dunia perkenomian semakin pesat, khususnya dari segi UMKM milik swasta atau pribadi. Banyak usaha perorangan atau UMKM yang bermunculan pada dewasa ini. Selain itu, UMKM saat ini juga mengembangkan usahanya secara massif bahkan menciptakan inovasi baru untuk mengikuti perkembangan globalisasi dunia. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan, pendapatan bersih, profitabilitas, risiko usaha dan kelayakan usaha keripik pisang. Metode yang digunakan adalah pengabdian kepada masyarakat yang menjalankan UMKM. Hasil pengabdian ini memberikan ide dalam segi memasarkan produk dengan mengunakan alat teknologi yaitu melalui penjualan secara online dengan facebook dan lain-lain. Ada inovasi baru berupa pemasaran melalui media sosial. Suatu perkembangan yang mampu mengikuti perkembangan dunia dan mengikuti era globalisasi milenial ini, dimana inovasi-inovasi baru tersebut sangat bagus dan mampu bersaing dalam dunia kuliner.

Article Details

How to Cite
Aliyyah, R. R., Fahrudin, U. A. ., Syandi, S. K. ., Pratama, P. S. ., Kartika, R. ., Aqilah, A. S. ., Millenia, T. M. ., Sihobing, T. ., Jenab, S. ., & Mulyah, S. . (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 283–289. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i3.10277
Section
Articles

References

Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–86. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16612/7949

Kurniasih, D. (2021). Penyusunan Laporan bagi para Pendamping UMKM di Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(2), 56–62. https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i2.211

Noor, H. C. M., & Rahmasari, G. (2018). Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ). Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 454–464. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4112/2525

Paendong, M. (2022). Pendampingan Penerapan Manajemen Administrasi Usaha, Pemasaran Digital, dan Pelaporan Keuangan Sederhana pada UMKM di Kelurahan Karombasan …. Jurnal Pengabdian Vokasi, 02(November), 2–5. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/16474%0Ahttps://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/download/16474/8309

Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Putri, D. R. L., Cahyani, A. N., Masturo, A. H., Haqiqi, A., & Jannah, N. M. (2022). Pendampingan dan Pengembangan UMKM di Kelurahan Kepanjenlor melalui Re-Branding. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 01(02), 195–204.

Sunani, A., & Effendi, M. B. (2022). Pendampingan UMKM Toko Dias Jagir Wonokromo Surabaya Jawa Timur dalam Penyusunan Laporan Penjualan Konsinyasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1243–1248. https://doi.org/10.54082/jamsi.407