Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk Serta Inovasi Produk Pada UMKM Tape Di Dusun Cijulang Desa Sukakarya Kecamatan Megamendung

Main Article Content

Alivia Maulia Zahra
Wulandari
Rasmitadila

Abstract

Persaingan bisnis yang ketat mewajibkan setiap usaha harus menerapkan strategi dalam pemasaran produk untuk memperoleh keunggulan kompetitif, salah satu strategi untuk meningkatkan minat beli pada konsumen ialah penerapan branding produk. Branding adalah kegiatan untuk menciptakan image pada sebuah produk. UMKM Tape Bapak mamun merupakan salah satu UMKM yang berada di Dusun Cijulang Desa Sukakarya, meskipun telah berdiri cukup lama, UMKM ini sama sekali belum mempunyai identitas produk seperti nama, logo dan kemasanya masih menggunakan kantong plastik. Melihat permasalahan tersebut kegiatan pengabdian ini bertujuan membuat identitas visual pada UMKM tape Bapak Mamun melalui proses branding produk seperti logo, kemasan yang menarik, dan banner. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini yaitu action research yang merupakan metode tindakan yang digunakan untuk mengatasi suatu permasalahan mitra baik dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dikerjakan secara tersusun sehingga validitas dan reabilitas mencapai tingkat riset. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terdapatnya identitas visual melalui logo, kemasan yang menarik, dan banner untuk  produk tape.

Article Details

How to Cite
Zahra, A. M., Wulandari, & Rasmitadila. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk Serta Inovasi Produk Pada UMKM Tape Di Dusun Cijulang Desa Sukakarya Kecamatan Megamendung. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 260–268. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i3.10268
Section
Articles

References

Adam, Syarifuddin M, dkk. (2016). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kota Ternate (Studi Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate). Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumber daya Pembangunan, edisi XXI (Maret-April), hal 129-142.

Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan desain mockup dan logo sebagai branding produk untuk meningkatkan nilai jual bagi UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2640-2651.

Berg, B. L. (2004). Methods for the Social Sciences. Pearson (Vol. 5)

Hasan. (2009). Action Research: Desain Penelitian Integratif untuk Mengatasi Permasalahan Masyarakat. Jurnal AKSES Ekonomi dan Bisnis Volume (4), nomor (8), Oktober 2009.

Muhammad, S. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green Bean Kopi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 369–376.

Rezky Ramadhan, N., Januarty, R., Dhevia, D., Meilinda, Riswani, A.D.P, W., & Nurul Annisa Sukhiar, A. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Bontotiro Melalui Pembuatan Logo dan Eduwisata untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayan Masyarakat, 2(1), 105–111.

Rohaenah, S. H., Wijayanti, S. W., Munawar, W., Ekoresti, S. N., Rubyasih, A., & Komarudin, M. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Inovasi Bisnis Kopi Bumdes Jaya Laksana Di Desa Wates Jaya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 93–98. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.5421

Sagita, Rizka Alip, & Siswahyudianto. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Brand Awareness pada Sentra Olahan Salak Kunara Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia 5.3: 327-340.