Sosialisasi dan Pelatihan Branding Produk Serta Inovasi Produk Pada UMKM Tape Di Dusun Cijulang Desa Sukakarya Kecamatan Megamendung
Main Article Content
Abstract
Persaingan bisnis yang ketat mewajibkan setiap usaha harus menerapkan strategi dalam pemasaran produk untuk memperoleh keunggulan kompetitif, salah satu strategi untuk meningkatkan minat beli pada konsumen ialah penerapan branding produk. Branding adalah kegiatan untuk menciptakan image pada sebuah produk. UMKM Tape Bapak mamun merupakan salah satu UMKM yang berada di Dusun Cijulang Desa Sukakarya, meskipun telah berdiri cukup lama, UMKM ini sama sekali belum mempunyai identitas produk seperti nama, logo dan kemasanya masih menggunakan kantong plastik. Melihat permasalahan tersebut kegiatan pengabdian ini bertujuan membuat identitas visual pada UMKM tape Bapak Mamun melalui proses branding produk seperti logo, kemasan yang menarik, dan banner. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini yaitu action research yang merupakan metode tindakan yang digunakan untuk mengatasi suatu permasalahan mitra baik dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dikerjakan secara tersusun sehingga validitas dan reabilitas mencapai tingkat riset. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terdapatnya identitas visual melalui logo, kemasan yang menarik, dan banner untuk produk tape.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adam, Syarifuddin M, dkk. (2016). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kota Ternate (Studi Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate). Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumber daya Pembangunan, edisi XXI (Maret-April), hal 129-142.
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan desain mockup dan logo sebagai branding produk untuk meningkatkan nilai jual bagi UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2640-2651.
Berg, B. L. (2004). Methods for the Social Sciences. Pearson (Vol. 5)
Hasan. (2009). Action Research: Desain Penelitian Integratif untuk Mengatasi Permasalahan Masyarakat. Jurnal AKSES Ekonomi dan Bisnis Volume (4), nomor (8), Oktober 2009.
Muhammad, S. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green Bean Kopi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 369–376.
Rezky Ramadhan, N., Januarty, R., Dhevia, D., Meilinda, Riswani, A.D.P, W., & Nurul Annisa Sukhiar, A. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Bontotiro Melalui Pembuatan Logo dan Eduwisata untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayan Masyarakat, 2(1), 105–111.
Rohaenah, S. H., Wijayanti, S. W., Munawar, W., Ekoresti, S. N., Rubyasih, A., & Komarudin, M. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Inovasi Bisnis Kopi Bumdes Jaya Laksana Di Desa Wates Jaya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 93–98. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.5421
Sagita, Rizka Alip, & Siswahyudianto. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Brand Awareness pada Sentra Olahan Salak Kunara Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia 5.3: 327-340.